Home Sumsel Baturaja Ini Lokasi Wisata di OKU yang Menarik Dikunjungi

Ini Lokasi Wisata di OKU yang Menarik Dikunjungi

0
Gua Harimau, salah satu objek wisata yang sudah terkenal di Kabupaten OKU.

BATURAJA. PE -Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) atau dijuluki Bumi Sebimbing Sekundang. Menyimpan banyak objek dan potensi wisata. Yang sangat menarik untuk dilihat dan dikunjungi.

Beberapa tempat atau lokasi wisata ini memang ada yang masih bersifat wisata lokal yang hanya dikunjungi oleh warga Kota Baturaja dan daerah sekitar yang tak jauh dari Kabupaten OKU. Namun ada juga yang sudah beberapa lokasi objek wisata yang sudah familiar dan terkenal hingga kemanca negara (internasional). Apa saja objek wisata yang ada di daerah “Hang Dihi”. Berikut liputannya kami rangkum di Palpres.Com

1. Objek Wisata Terpadu Gua Putri, Gua Harimau dan Museum Gua Harimau, Gua Silabe dan Museum Purbakala Si Pahit Lidah

Ke empat objek wisata ini. Semuanya berada di Kawasan Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten OKU. Jaraknya sekitar 30 KM dari Pusat Kota Baturaja. Atau sekitar 30 menit menaiki kendaraan. Di objek wisata

Gua Putri memiliki sejuta pesona keindahan yang ditawarkan kepada para pengunjung. Para pengunjung akan dimanjakan dengan suasana gua dan keindahan setiap bentuk bebatuan stalaktit dan stalamit. Di dalam gua Putri juga mengalir air sungai yang bermuara ke Sungai Semuhun atau anak dari sungai Ogan Baturaja.

Selain objek wisata Gua Putri, masih di kawasan Desa Padang Bindu, pengunjung juga dapat mengunjungi objek wisata Gua Harimau. Yang berjarak hanya sekitar 500 meter dari Gua Putri. Di objek wisata Gua Harimau saat ini selain didatangi pengunjung. Juga sering dijadikan tempat penelitian bagi para peneliti. Sebab di kawasan Objek wisata Gua Harimau ditemukan 78 kerangka populasi Austronesia awal (cikal bakal manusia sekarang).

Para peneliti ini memiliki sebutan khusus untuk Gua Harimau, yakni Situs Padangbindu. Di Situs Padangbindu yang menjadi pusat penelitian arkeolog ini kini sudah dilengkapi fasilitas tangga permanen yang anak tangganya sebanyak 104, saat ini sudah dilengakapi dengan anjungan sehingga memudahkan pengunjung melihat Situs Padangbindu.

Di kawasan objek wisata Gua Harimau ini saat ini juga telah dilengkapi Pemerintah Pusat dengan membangun sebuah Museum Modren yang dinamakan Museum Situs Gua Harimau. Di Museum Situs Gua Harimau memiliki luas bangunan sekitar 1 hektar yang berdiri di lahan seluas 5 Hektar. Masih di kawasan yang sama. Juga terdapat satu lagi objek wisata yakni Objek Wisata Gua Silabe. Goa Silabe, memiliki dan menyajikan potensi alam yang luar biasa mempesona. Panjang goa mencapai 200 M, lebar 5 meter dan tinggi lebih kurang 5 meter.

Tampak didalamnya keindahan batu stalagtit dan stalagnit yang membuat mata terpana. Sebagai pelengkap pengunjung juga dapat melihat Museum Purbakala Si Pahit Lidah yang berada di halaman depan objek wisata Gua Puteri. Saat ini keberadaan Museum Purbakala Si Pahit Lidah terus dikembangkan menjadi museum modern. Di sini dipamerkan replika kerangka manusi pra sejarah berusia 3.500 tahun yang lalu. Benda-benda tinggal sejarah dan alat-alat paleolitik dan kekayaan budaya manusia pra sejarah.

2. Objek Wisata Lesung Bintang

Tempat objek wisata iniberada persis di pinggiran jalan lintas Baturaja-Muaradua di wilayah Desa Laya, Kecamatan Baturaja Barat. Hanya sekitar 5 atau 10 menit saja dari Pusat Kota Baturaja untuk sampai ke objek wisata ini. Meski masih menunggu ditetapkan atau dikeluarkannya peraturan daerah (Perda) untuk pengelolaan objek wisata ini. Namun saat ini objek wisata Lesung Bintang terus ditata dan dipercantik oleh pihak Dinas Pariwisata Kabupaten OKU.

Objek wisata Lesung Bintang atau dikenal juga dengan nama Bukit Lesung Bintang terkenal akan bentuk segi delapan menyerupai bintang yang bagian tengahnya terdapat lesung. Peninggalan marga Bindung Langit Lawang Kulon ini, diyakini sebagai bukti sejarah asal mula Baturaja. Bukti sejarah lainnya adalah Batu Berukir dan Batu berbentuk tapak kaki. Dari atas Bukit Lesung Bintang, pengunjung bisa menyaksikan panorama kota Baturaja.

3. Objek Wisata Air Terjun Kambas

Objek wisata Air terjun Kambas berada di Desa Ulak Lebar, Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu. Atau berjarak sekitar 66 KM dari pusat Kota Baturaja. Lokasinya mudah dijangkau hanya berjarak 1 KM dari Desa Ulak Lebar dan bisa ditempuh jalan kaki selama 30 menit dari Desa Ulak Lebar. Air Terjun Kambas menawarkan panorama alam yang indah dan nuansa alam berupa air terjun. Dengan tiga level masing-masing level mempunyai ketinggian Gemuhak.

Level satu air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter, level dua dengan ketinggian sekitar 12 M dan level ketiga dengan ketinggian 8 M. Perjalanan menuju lokasi yang melalui perbukitan masih alami, melalui hutan perkebunan rakyat dan melawati alur Sungai Kambas. Lokasi obyek wisata termasuk dalam kawasan hutan lindung dikelilingi perbukitan terdapat bebatuan besar.

4. Objek Wisata Air Panas Gemuhak

Objek wisata Air Panas Gemuhak, terletak di Desa Gunung Tiga Kecamatan Ulu Ogan. Atau sekitar 66 KM dari Kota Baturaja. Untuk mencapai lokasi hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 6 KM dari Desa Gunung Tiga. Dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Objek wisata Air Panas Gemuhak juga dapat tempuh melalui dua jalur alternatif. Yakni bisa ditempuh dengan berjalan kaki yaitu melalui perbukitan yang masih alami dan melalui Sungai Ogan menggunakan perahu atau sampan. Lokasi air Panas Gemuhak berada pada ketinggian 398 m diatas permukaan laut.

Di obyek wisata Air Terjun Gemuhak terdiri dari beebrapa sumber/pusat air panas yang tersebar dilokasi wisata. Pusat air panas terbesar mampu menyempurkan air panas (gleser) lebih kurang 3 M.

Air panas Gemuhak memiliki panas lebih kurang 70 derajat celesius -100 derajat celesius dan mengandung mineral yang bisa langsung diminum. Lokasi sumber air panas gemuhak terletak di jalur sungai dengan keadan sungai yang miliki batuan.

5. Objek Wisata Bendali Rantau Kumpai

Objek wisata Bendali atau akronim dari Bendungan Pengendali Air (Bendali). Adalah salah satu objek wisata lokal di Kabupaten OKU. Yang berada di Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap. Yang berjarak hanya sekitar 17 KM dari Kota Baturaja. Objek wisata Bendali Rantau Kumpai sangat mearik untuk dikunjungi. Wisata ini merupakan wisata air yang menawarkan kesempatan bagi pengunjung menaiki kereta angsa. Fasilitas lain yang tersedia di Bendali Rantau Kumpai adalah arena panjat tebing, areal perkemahan, tempat pemancingan, dan mushala.

6. Objek wisata Bukit Pelawi

Objek wisata Bukit Pelawi berada di Kota Baturaja. Tepatnya di wilayah Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat. Objek wisata Bukit Pelawi sangat cocok bagi pengunjung yang memiliki hobi travelling atau pecinta alam. Karena objek wisata lokal ini menawarkan kesan asri dan sejuk. Ditambah areal perbukitan yang menantang adrenalin bagi penghobi olahraga pendakian.

Dari tempat ini pengunjung juga dapat menikmati pemandangan kota Baturaja. Selain menjadi destinasi wisata, bukit yang bisa diakses dari Desa Laya, Desa Pusar, Desa Batu Kuning, dan Desa Karang Agung ini, juga menjadi lokasi favorit bagi kegiatan pendakian para pecinta alam.

7. Objek Wisata Air Terjun Mandi Hawa

Tempat wisata Air Terjun Mandi Hawa terletak di Desa Tualang, Kecamatan Lengkiti. Jaraknya sekitar 43 kilometer dari Baturaja. Perjalanan menuju air terjun ini akan ditemani gemercik Sungai Saka. Berdasarkan legenda yang diyakini masyarakat setempat, tempat wisata Air Terjun Mandi Hawa merupakan tempat pertempuran perebutan wilayah Puyang Deham dengan Puyang Lampung Abung. Banyak peninggalan dari pertempuran tersebut yang bisa Anda saksikan. Beberapa di antaranya adalah Batu Asahan, Kolam Darah, dan Kuburan Puyang.

8. Objek Wisata Air Terjun Bukit Langgar

Objek wisata lokal Air Terjun Bukit Langgar juga masih berada di Kecamatan Lengkiti. Tepatnya di wilayah Desa Gedung Pakuon, Di desa ibi kita dapat menemukan satu objek wisata lokal yakni Air Terjun Bukit Langgar. Warga desa biasa menyebutnya “Cuhup Langgah”. Selain menawarkan keindahan nuansa air terjun. Bagi pengunjung yang memiliki hobi melakukan pendakian, akses jalan ke Cuhup Langgah termasuk salah satu akses yang menarik untuk dicoba.

9. Objek Wisata Goa Kelambit

Objek Wisata Goa Kelambit atau Kelelawar berada di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur. Atau berada tak jauh dari pusat Kota Baturaja. Sesuai namanya, adalah Goa yang dihuni oleh sekelompok hewan berupa kelambit atau kelelawar. Untuk mencapai lokasi tidak cukup sulit. Sebab Berada tak jauh dari Kantor kepala desa (kades) Tanjung Baru.

Objek wisata Gua Kelambit memiliki sejarah yang unik. Yakni dahulunya saat jaman penjajahan konon dijadikan tempat persembunyian masyarakat dari kejaran penjajah. Namun saat ini, gua tersebut sudah disulap oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Baru menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat Baturaja dan sekitarnya.

Banyaknya potensi wisata di Kabupaten OKU terus digali dan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten OKU melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten OKU. Dimana Kepala Dispar OKU, melalui Sekretaris Dispar OKU, H Imron saat dibincangi wartawan mengatakan, pihaknya terus meningkatkan sarana dan prasarana bagi kawasan objek wisata yang ada di Bumii Sebimbing Sekundang guna menarik minat wisatawan datang berkunjung.

Pada 2018 lalu, pihaknya mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp1,4 miliar dari pemerintah pusat, untuk perbaikan dua objek wisata di Kabupaten OKU. Dua objek wisata yang direnovasi adalah Gua Putri di Kecamatan Semidang Aj, dan Bendungan Rantau Kumpai berada di Kecamatan Sosoh Buay Rayap. YEN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here