Home Pariwisata Mengulik Destinasi Wisata Kota Prabumulih yang Bermunculan

Mengulik Destinasi Wisata Kota Prabumulih yang Bermunculan

0
Taman kota Prabujaya

PRABUMULIH merupakan sebuah kota yang telah merdeka secara otonomi dari Kabupaten Muara Enim sejak tanggal 17 Oktober 2001, atau kurang lebih 17 tahun yang lampau. Kota ini telah menjelma menjadi kota yang maju dan tumbuh dengan pesat. Labelisasi positif semacam Prabumulih Kota Dagang, Kota Jasa, Kota Tujuan, Kota Transit, Kota nanas dan lain sebagainya justru menjadikan Kota Prabumulih Bumi Seinggok Sepemunyian ini sebagai salah satu ikon (contoh) keberhasilan sebuah kota di era otonomi daerah paska reformasi.

Periodesasi kepemimpinan Walikota Prabumulih yang bersuku-suku dan bermacam adat istiadat, justru menjadi keunggulan tersendiri. Model dan gaya serta giat kepemimpinan itu tentu saja sangat terkait dengan visi dan misi Walikota-Wakil Walikota terpilih. Sebagai kota kecil yang terdiri dari 6 kecamatan dan 37 kelurahan/desa, kota Prabumulih sedikit demi sedikit memulai berbenah. Berbagai macam pembangunan infrastruktur terus dilakukan agar kota Prabumulih dikenal masyarakat luar. Bahkan termasuk dari sektor pariwisata buatan untuk menarik para pengunjung datang ke kota Prabumulih.

Atas dasar tidak mempunyai tempat destinasi wisata itulah membuat masyarakatnya lebih memilih keluar ke kabupaten/kota tetangga yang jaraknya lumayan jauh untuk mencari hiburan buat keluarga. Pemkot setempat pun mencari formulasi agar Kota Prabumulih yang tidak mempunyai gunung dan jauh dari laut bisa dijadikan kota destinasi wisata bagi masyarakatnya atau masyarakat luar. Hingga akhirnya berbagai inovasi Pemkot dan masyarakat pun bermunculan membuat wisata buatan. Diantaranya wisata Taman Kota Prabujaya, Pasir Putih Gunung Kemala, Taman Bermain Carolline, Taman Wisata Air Pondok Pak Haji, Kolam Renang konsep Cafe The Pool, Danau buatan Bujuan, Taman Bermain Lapangan Miring Pertamina, CitiMall.

Untuk mengeksplor keindahan destinasi wisata Kota Prabumulih tersebut, penulis berusaha melakukan kunjungan. Di pagi hari tepatnya hari Minggu, Taman Kota Prabujaya sangat ramai dikunjungi apalagi dijadikan kawasan Car Free Day. Jadi memang sangat ramai dikunjungi wisatawan baik warga lokal maupun yang datang dari luar Kota Prabumulih. Cukup banyak fasilitas di Taman Kota Prabumulih ini. Misalnya seperti jogging track, taman bermain anak, dan juga area kuliner yang siap menggoyang lidah kamu. Dan destinasi ini memang sangat wajib untuk dikunjungi ketika kamu berada di Kota Prabumulih.

Di dalam Taman Kota Prabujaya terdapat lapangan basket dan gedung olahraga buat voli dan tinju, serta djadikan tempat latihan seni bela diri wushu. Bahkan terdapat juga berbagai permainan anak-anak yang dikelola masyarakat, dan membuat beberapa anak kecil tampak riang bermain sampak lupa pulang. Selain di dalam diluar taman juga terdapat jasa penyewaan delman serta menunggangi kuda. Masyarakat pun yang kebanyakan anak-anak tampak riang menaiki kuda dan berfoto bersama. Taman Kota Prabujaya pun tiap hari pekan Sabtu dan Minggu selalu ramai karena berada di pusat kota.

Wisata Pasir Putih

Wisata hiburan alami pasir putih yang berada di RT 07 RW 02 Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih menjadi primadona. Wahana hiburan alam ini, menjadi momen berlibur keluarga. Sejumlah pengunjung tampak membawa anak serta bekal dari rumah masing-masing. Pasir Putih merupakan aliran sungai yang melintasi area kebun karet warga, kawasan ini terus membesar seiring terjadinya kikisan tanah akibat banjir. Wisata pasir putih ramai dikunjungi saat hari libur.

Wisata air Caroline Island yang berada di jalan lintas Prabumulih-Baturaja Kecamatan RKT. Di sini pengunjung bisa menikmati seluruh fasilitas wahana mulai dari seluncur, bola air, ban renang dan lainnya. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati lantunan lagu yang dibawakan oleh biduan yang disediakan. Cukup dengan membayar tiket Rp 25 ribu pengunjung bisa puas menggunakan fasiltas yang ada. Tidak hanya itu, pengunjung juga dipersilahkan menyumbangkan lagu kesukaan di atas panggung dengan menulis atensi kepada petugas. Caroline Island ramai dikunjungi ketika hari libur seperti kenaikan kelas, lebaran dan natal.

Pondok Pak Haji

Saat penulis menginjakan kaki di Pondok wisata Pak Haji di Kelurahan Patih Galung Prabumulih Barat Kota Prabumulih, obhek wisata itu pun tak luput dari kunjungan. Kenderaan roda dua baik roda empat tampak berjubel memenuhi kantong-kantong parkir yang tersedia. Dikawasan wisata kolam renang dan restoran itu juga terpantau ratusan warga memenuhi taman dan kolam renang. Sementara di tempat lain seperti taman bonsai yang disediakan pihak pengelola juga tak luput jadi incaran warga untuk sekedar ber selfie ria. Pondok Pak Haji setiap harinya ramai dikunjungi warga.

“Di pondok wisata Pak Haji ini, selain kolam renang dan pondoknya yang unik, taman bonsainya juga bagus untuk berburu foto, jadi kami tidak mau ketinggalan seperti orang lain untuk mengunggah fotonya ke media sosial,” ujar Wulan.

Danau Bujoan

Nah, destinasi wisata satu unik sangat unim karena baru dibangun dan pembangunannya menggunakan dana desa. Danau Bujoan. Danau yang makin tenar dan viral di media sosial itu berada di Jalan Prabumulih-Baturaja KM 12 Dusun 1 Desa Karang Bindu, Kecamatan Rambang Kapak Tengah Kota Prabumulih. Untuk mengunjungi objek wisata dengan luas 5 hektare tersebut pengunjung tidak perlu susah karena berada sekitar 400 meter dari jalan utama Prabumulih-Baturaja. Tempat wisata yang dibangun pemerintah desa menggunakan dana desa itu menawarkan danau yang cukup luas mengelilingi pulau berada di tengahnya.

Ada juga fasilitas beberapa permainan air seperti perahu bebek, water ball dan beberapa permainan lainnya yang bisa membuat pengunjung puas. Untuk masuk tempat wisata ini pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Tarif akan dipungut jika pengunjung menaiki wahana permainan air dengan tarif Rp 20 ribu sekali naik dengan waktu sekitar 40 menit. Sementara untuk parkir kendaraan pengunjung tidak perlu khawatir, karena pemerintah desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mengaktifkan pemuda-pemuda desa dengan seragam lengkap untuk mengatur serta menjaga parkir.

Kolam renang cafe The Pool

Kalau destinasi wisata satu ini lagi hit dikalangan anak-anak milenial. Ya Kolam Renang konsep Cafe, The Pool namanya. Disini pengunjung bisa mengajak keluarga terutama anak-anak untuk berenang dan main perosotan air. Bahkan untuk kolam renang dewasa bisa digunakan bagi yang pandai berenang. Sambil menikmati air pengunjung juga bisa sambil memesan makanan untuk menikmatin liburannya.

Dengan konsep minimalis, The Pool juga menyediakan tempat karaoke diata bangunam tepatnya di lantai 2. Kebanyakan pengunjung memanfaatkan The Pool untuk kumpul-kumpul bareng sama keluarga dan teman. Dan juga sebagai tempat obrolan bisnis bagi para pengusaha di Prabumulih.

Kalau yang ini sejak viral di media sosial taman bermain yang berisi tempat permainan anak-anak dan jogging track di area komplek Pertamina EP Asset 2 ramai dikunjungi masyarakat Kota Prabumulih. Destinasi wisata baru ini menjadi pilihan warga untuk mengajak keluarga berekreasi serta mengajarkan anak sejak usia dini mengenal olahraga.

Taman bermain lapangan miring milik Pertamina Asset 2 ini sudah sangat lama ingin didirikan. Sehingga waktu dibangun momennya pas banget bertepatan dengan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan diselenggarakan di kota Prabumulih. Ada 15 sarana permainan anak-anak, yang baru sekitar 3 bulan. Disini pihak Pertamina meminta kepada pengunjung untuk selalu dijaga kebersihan lingkungannya. Serta pengunjung diminta jangan merusak fasilitas taman bermain, dan juga selalu menjaga ketertiban dan keamanan bersama taman bermain tersebut.

Menurut Din (32) warga Sukaraja saat mengajak anak dan istrinya ketika diwawancarai mengatakan, taman bermain lapangan miring Pertamina Asset 2 jadi destinasi wisata baru karena berada diarea komplek Pertamina yang sejuk dan nyaman serta jauh dari kebisingan suara kendaraan. “Taman ini baru dan fasilitasnya sangat lengkap. Tempatnya enak dan nyaman dan ada jogging tracknya juga. Disini kita bisa mengajarkan anak-anak kita tentang pentingnya olahraga. Lagian masuknya tidak dipungut biaya alias gratis. Sebagai pengunjung kami siap menaati peraturan yang diberikan pihak Pertamina soal menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas permainan,” ungkapnya.

Senada Erik (35) warga Desa Pangkul menambahkan, dirinya sengaja datang jauh-jauh mengajak anak dan istrinya ke taman bermain milik Pertamina karena tempatnya bagus dan lagi viral di media sosial facebook. “Ya biasanya kami di Prabujaya, tapi sekarang ada tempat yang lebih bagus dan fasilitas bermainnya sangat lengkap. Makanya taman milik Pertamina ini sangat banyak dikunjungi saat sore hari. Kepada Pertamina kami ucapkan terima kasih banyak,” terangnya.

Citimall

Destinasi wisata belanja Citimall pun patut diacungi jempol. Sejak berdiri di Kota Prabumulih tepatnya di Jalan Lingkar, Citimall merupakan satu-satunya mal yang ada di Prabumulih. Tak heran Citimall kerap ramai dikunjungi masyarakat Prabumulih maupun dari kabupaten tetangga. Mall yang berdiri dengan bangunan dua lantai ini menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat. Di Citimall bagi pengunjung yang gemar belanja pakaian pihak Citimall telah menyediakan Matahari Store, Hyfresh, Mr DIY dan tempat kongko seperti Cafe. Bahkan untuk penggemar nonton bioskop, pihak pengelola juga telah menghadirkan Cinema XXI. Disetiap hari libur pihak Citimall kerap menggelar even-even besar yang kerap memanjakan mata pengunjung. Sehingga Citimall kerap dijadikan destinasi wisata masyarakat Prabumulih. RAY

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here