Home Parlemen & Politik Selasa Siang, 75 anggota DPRD Sumsel Dilantik

Selasa Siang, 75 anggota DPRD Sumsel Dilantik

0

PALEMBANG, PE – Sekretaris DPRD Sumsel Ramadhan S Bayeban mengatakan, pihaknya saat ini sedang mengambil SK 75 anggota DPRD Sumsel terpilih dari Kemendari, periode 2019 – 2024. Dimana, para wakil rakyat terpilih ditetapkan berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Daerah Sumsel.

“Selasa (24/9) siang, 75 anggota DPRD Sumsel terpilih akan dilantik. Ada 10 partai yang punya kader di DPRD Sumsel yaitu Golkar, PDI-Perjuangan, Gerindra, Demokrat, PKB, PKS, Nasdem, PAN, Perindo, Hanura dan PPP,” terangnya.

Lanjutnya, pelantikan akan digelar dalam rapat paripurna istimewa pada pukup 10.00 WIB di ruang rapat paripurna, Gedung DPRD Sumsel.

“Langsung jemput bola kita, ada 75 SK sudah keluar dari Kemendagri, yang dijemput Kasubag Al Rasyid,”ujarnya.

Lanjutnya, besar kemungkinan semua anggota DPRD Sumsel yang terpilih dilantik dan tidak ada kendala. Meskipun ada satu nama dari Fraksi PDIP sebelumnya yang terpilih, meninggal dunia.

“Almarhum dari PDIP atas nama Hasbulla meninggal sebelum surat di Kemendagri, sehingga diganti oleh Sumiati Kamal untuk yang lain tidak ada masalah,”jelasnya.

Sedangkan untuk SK pimpinan DPRD Sumsel dari Golkar, PDIP, Gerindra dan Demokrat belum diterima, meski sejumlah nama yang beredar yaitu RA Anita Noeringhati (Golkar), Giri Ramanda (PDIP), Kartika Sandra Desi (Gerindra), dan Muchendi Mahzarekki (Demokrat).

“Untuk SK Ketua, DPD belum menyampaikannya ke kami. Tapi yang jelas untuk SK pimpinan kita akan langsung ke DPP, setelah pimpinan sementara menggelar sidang perdana. Nanti ketua sementara bersama saya ke DPP dan dilanjutkan ke Kemendagri, untuk dibuatkan SK pimpinan,” tuturnya.

Ditambahkan Ramadhan, Sekretariat DPRD Sumsel telah mengirim surat ke masing- masing partai, untuk menentukan siapa pimpinan yang ditunjuk sejak 5 September lalu.

“Jadi kalau nanti keluar 3 nama, maka tetap diserahkan ke Mendagri, untuk penetapan dan dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Sumsel,” tandasnya.

Sementara Ketua DPRD Sumsel MA Gantada menambahkan, untuk pengambilan sumpah jabatan 75 anggota DPRD Sumsel periode 2019- 2024, akan dihadiri Gubernur Sumsel dan Forkompinda Sumsel.

“Dalam sidang paripurna nanti tetap akan tetap saya pimpin, baru kemudian menyerahkan palu pimpinan sidang yang diserahkan ke ketua sementara. Setelah itu tugas kami periode 2014-2019 akan selesai,” tuturnya. JAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here