Home Palembang Alex: Masyarakat Berhak Tahu Kondisi Udara Sebenarnya

Alex: Masyarakat Berhak Tahu Kondisi Udara Sebenarnya

0

PALEMBANG.PE- Anggota Komisi 7 DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengaku miris mendengar ada yang berkata ke media bahwa kondisi udara Kota Palembang belum berbahaya. Padahal, masyarakat berhak tahu kondisi udara yang sebenarnya.

“OKI dan OI penyumbang asap terbesar. Sampai saat ini lahan masih terbakar. Alhamdulillah saya ditugaskan di Komisi 7. Jadi bisa memperhatikan dapil Sumsel untuk masalah lingkungan,” kata mantan Gubernur Sumsel dua periode saat memberikan paparan pada pertemuan yang mengusung tema ‘Sinergi Peran Laboratorium Dalam Rangka Mendukung Early Warning System Bencana Lingkungan di Ballroom Hotel Novotel, Kamis (24/10).

Acara ini dihadiri Dinas Lingkungan Hidup kabupaten/kota dan OPD terkait, anggota legislatif, dan aktivis lingkungan hidup.

Dikatakannya, pencemaran udara di Kota Palembang sungguh luar biasa. Bukan hanya kabut asap, tapi juga oleh asap kendaraan bermotor dan asap pabrik.

“Kalau ada yang mengatakan bahwa udara di Palembang belum berbahaya, berdosa dia. BMKG mengatakan bahwa kemarin 351 dari maksimum 500, pagi ini juga berbahaya. Harusnya masyarakat diberitahu, dan masyarakat berhak tahu kondisi udara yang dihirupnya,” kata Alex.

Tak hanya udara, ia melanjutkan, Sungai Musi pun telah tercemar limbah industri rumah tangga dan pabrik. Kemudian pencemaran tanah oleh residu pupuk, pestisida, dan pertambangan. Lalu deforestasi (kegiatan penebangan hutan).

Untuk itu ia mengimbau masyarakat agar menjaga lingkungan hidup karena itu tanggung jawab kita pada generasi berikutnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here