Home Palembang BMKG: Kabut Asap Pekat Karena Embusan Angin

BMKG: Kabut Asap Pekat Karena Embusan Angin

0

PALEMBANG.PE- Bertambah pekatnya kabut asap yang menyelimuti Kota Palembang pada Senin (14/10) pagi, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lantaran embusan angin dan kiriman dari daerah lain.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Kenten Palembang Nuga Putrantijo mengatakan, tidak ada peningkatan titik panas yang signifikan di Sumatera Selatan. Pekatnya kabut asap, setelah dianalisis pihaknya ternyata disebabkan arah angin.

“Angin masih dominan bertiup dari timur, tenggara, dan selatan. Apabila terjadi kebakaran di wilayah timur, tenggara, dan selatan Sumatera Selatan, asapnya masuk Palembang,” ujarnya dalam jumpa pers di Ruang Rapat Pemprov Sumsel, Senin (14/10).

Hadir dalam jumpa pers itu, Sekda Provinsi Sumsel H Nasrun Umar dan Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Pemprov Sumsel Akhmad Najib. Dikatakan Nuga, kabut asap yang kian pekat di Palembang juga disebabkan kiriman asap dari daerah lain, seperti Jambi.

“Angin permukaan dari selatan, di lapisan atasnya berbalik arah ke utara. Kebetulan hari ini suhu di permukaan lebih dingin daripada udara atas. Sehingga asap yang dari atas turun. Inilah yang menambah kepekatan kabut asap,” tukasnya.

Dikatakannya, puncak musim kemarau pada Agustus dan September lalu. Adapun kondisi kemarau 2019 lebih kering daripada 2018.

“Sudah dilakukan upaya luar biasa dari Pemprov Sumsel. Badan Nasional Penanggulangan Bencana pusat, bahkan sudah mengirim seribu personel untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Sumsel,” ucapnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here