Home Sumsel Muara Rupit Hendak Menikah, Pasangan Catin Wajib Tes Kesehatan Pranikah

Hendak Menikah, Pasangan Catin Wajib Tes Kesehatan Pranikah

0

MURATARA, PE- Bertujuan mendeteksi kesehatan sedini mungkin dalam peningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Pasangan Calon Pengantin (Catin) wajib tes kesehatan pranikah.

Hal itu seperti disampaikan langsung Kepala Kemenag Kabupaten Muratara, Drs H Ikhsan Baijuri M, Si, kepada Palembang Ekspres, Senin (21/10). Menurut dia, memang benar saat ini pihaknya bersama Dinas Kesehatan Muratara bekerjasama dalam bidang kesehatan, khusus bagi Catin sebelum menikah wajib memiliki Surat Keterang Kesehatan.

Surat Keterangan Kesehatan itu, menurut dia, merupakan salah satu persyaratan bagi catin yang hendak menikah. Saat ini sedang dalam tahap sosialisasi yang dilakukan Kantor Urusan Agama (KUA) ditiap kecamatan, sebagai syarat wajib bagi kedua catin sebelum menikah.

“Regulasi sendiri sebelumnya pernah ada, tetapi seiring waktu terjadi kevakuman dan sekarang akan kita aktifkan kembali. Kesehatan yang utama yakni diberikan vaksin tetanus toksoid (TT), dalam pencegahan bila ada penyakit kelamin sebelum menikah. Artinya, calon pengantin harus dalam keadaan sehat, agar terciplah keluarga yang sehat,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinkes Muratara Marlinda saat dikonfirmasi membenarkan, adanya kerjasama terkait pemeriksaan kesehatan pranikah bagi catin yang hendak menikah, dengan tujuan untuk meningkatkan IPM di Kabupaten Muratara. Dalam pemeriksaan kesehatan itu tidak hanya Vaksin TT saja yang pihaknya berikan, ada juga diberikan tablet penambah darah.

Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan HIV, pemeriksaan malaria dan pemeriksaan penyakit TBC, dalam arti pemeriksaan tersebut untuk mendeteksi dan pemgendalaian penyakit tersebut sedini mungkin. Khususnya bagi wanita catin, nantinya saat menjadi ibu sudah dalam keadaan benar-benar sehat.

“Nantinya dengan calon ibu yang sehat mudah-mudahan calon bayi yang lahirpun juga bisa sehat, nantinya setelah pemeriksaan kesehatan itu catin tersebut akan mendapat surat keterangan sehat. Kalau tingkat kecamatan dikeluarkan dari Puskesmas terdekat, dan kedepan jika memungkinkan akan kita lakukan tes narkoba,” ungkapnya.

Jadi kepada catin yang hendak menikah, lanjut dia, manfaatkanlah program itu sebaik mungkin, karena kesehatan itu dimulai dari diri sendiri dan diharapkan kepada masyarakat khususnya catin agar sadar tentang kesehatan masing-masing. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here