Home Sumsel Muara Rupit Jembatan Gantung Sungai Baung Rusak Parah

Jembatan Gantung Sungai Baung Rusak Parah

0

MURATARA,PE- Akibat termakan usia hingga diterjang banjir, menyebabkan kerusakan parah pada jembatan gantung Desa Sungai Baung Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Kondisi jembatan dikhawatirkan warga, karena sangat membahayakan orang yang melintasinya.

Kekhawatiran warga beralasan jika melihat kerusakan jembatan berlantai papan tersebut, yang kesehariannya menjadi urat nadi perekonomian warga untuk mengangkut hasil perkebunan dan terakhir diperbaiki pada tahun 2014 lalu.

Seperti diungkapakan Nurhasan, salah satu warga setempat kepada Palembang Ekspres, kerusakan jembatan itu sudah terjadi sejak lima tahun terakhir, akibat di terjang banjir pada tahun 2014, namun sempat diperbaiki dengan swadaya masyarakat desa.

Tetapi seiring perjalan waktu, kerusakan jembatan itu kembali terjadi dan saat ini hanya diperbaiki dengan kayu seadanya. Menurutnya, jembatan itu merupakan akses perekonomian masyarakat setempat yang mayoritas petani “Ini jalan sentral masyarakat yang ingin menyadap karet dan ke sawah,” ungkapnya.

Diakuinya, akibat jembatan yang rapuh ini juga pernah ada warga yang terjatuh saat melintas bersama sepeda motornya. “Beruntung warga itu selamat karena jatuhnya dipangkal jembatan. Untuk itu kami berharap jembatan ini dapat segera diperbaiki oleh pemerintah, baik pemerintah setempat maupun pemerintah Kabupaten. dan jangan hanya disurvei terus,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Baung, Mulkan membenarkan kondisi jembatan gantung di desanya yang memang mengalami kerusakan parah pada 2014 dan diperbaiki dengan sawadaya masyarakat. Tetapi saat ini kerusakan juga banyak terjadi, khususnya pada lantainya yang terbuat dari papan karena termakan usia.

“Hampir 90 persen masyarakat yang di desa kami bekerja sebagai petani, baik petani karet maupun petani padi, dan rata rata berkebun di semberang Desa dengan akses jalan melalui jembatan gantung itu, ” ungkapnya. Dia menambahkan bahwa jembatan itu pernah diusulkan ke Pemkab Muratara, namun baru sebatas disurvei dan sampai saat ini belum diperbaiki.

“Sudah pernah diusulkan, dan juga sudah disurvei, tetapi sampai kini belum juga diperbaiki. Mau dibangun dengan dana desa tidak cukup, tahun depan akan diusulkan lagi dalam Musrenbang, ” tegasnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here