Home Palembang Pemprov Siapkan Rumah Singgah untuk Penderita ISPA di Bandara SMB II

Pemprov Siapkan Rumah Singgah untuk Penderita ISPA di Bandara SMB II

0

PALEMBANG.PE- Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru mengimbau warga Kota Palembang untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan. Kalaupun mesti keluar untuk suatu keperluan, maka kenakan masker.

Hal itu dikatakan Gubernur melalui Sekda Provinsi Sumatera Selatan H Nasrun Umar, menyikapi makin pekatnya kabut asap yang menyelimuti Kota Palembang pada Senin (14/10) pagi.

“Apabila tidak ada kegiatan-kegiatan yang memang sangat mendesak, seyogyanya dilakukan di ruang tertutup atau di kantor,” ujar Sekda saat memberikan keterangan pers di Ruang Rapat Pemprov Sumsel, Senin (14/10).

Lebih lanjut ia mengatakan, Pemprov Sumsel melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah menyediakan rumah singgah untuk warga yang menderita ISPA (infeksi saluran pernapasan atas) akibat terpapar kabut asap di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

“Rumah singgah itu untuk mengantisipasi apabila ada penumpang yang akan berpergian ternyata mengalami sesak, ia dapat dibawa ke pusat krisis bencana di Bandara SMB II,” ucapnya.

Di dalam rumah singgah itu, ia melanjutkan, disiapkan tabung oksigen. Lalu tambahan makanan untuk ibu hamil dan ibu yang membawa balita, pemberian masker gratis, oksigen, dan air purifier.

“Semuanya ini kita siapkan gratis untuk masyarakat Kota Palembang, termasuk yang datang dari luar Palembang yang mendadak mengalami sesak napas ketika berada di Bandara SMB II,” tukasnya.

Dikatakannya, Pemprov Sumsel telah menginstruksikan pihak terkait untuk membagikan masker gratis kepada masyarakat, terutama pengguna jalan raya.

“Dinas Kesehatan Sumsel sudah menyiapkan call center dengan nomor 119 yang siaga 24 jam, untuk membantu warga yang terkena dampak kabut asap,’’ tukasnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here