Home Sumsel Muara Rupit Perangkat Desa Se-Kabupaten Muratara Dijamin Asuransi BPJS

Perangkat Desa Se-Kabupaten Muratara Dijamin Asuransi BPJS

0

MURATARA, PE- Memanfaatkan program Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2019, seluruh perangkat desa di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) akan dijamin asuransi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, Selasa (22/10).

Hal itu seperti diungkapkan langsung Sekretaris DPMD-P3A Murataara, Lindawati usai sosialisasi pemanfaat dan implementasi DD, ADD tahun 2019 serta Perbub Nomor 42 tahun 2019 pasal 7 tentang Perlindungan Jaminan Kesehatan dan Ketenagakerjaan bagi perangkat Desa di Gedung Serbaguna Kecamatan Rupit, yang dihadiri langsung seluruh Kepala Desa Se Kabupaten Muratara.

Menurut Lindawati, kegiatan sosialisi yang menghadirkan langsung perwakilan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan itu, sesuai dengan pemanfaatan dan implementasi Dana Desa tahun 2019 serta Perbub Nomor 42 tahun 2019, bahwa setiap perangkat desa yang ada di Kabupaten Muratara akan dijamin Asuransi BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Penjaminan asuransi bagi perangkat desa itu sendiri, menurut dia, dimulai pada 2019 ini. Tujuannya sebagai perlindungan kerja bagi perangkat desa, karena menurut dia dalam kerjanya perangkat desa yang tidak mengenal waktu, menyebabkan sakit dan kecelakaan dalam kerja atau perjalanan mereka tidak bisa ditebak.

“Dengan dasar perlindungan tersebut, keluarlah aturan baik Kementrian Desa dan Kementrian Keuangan RI, bahwa Dana Desa bisa digunakan untuk mengcover perangkat desa dengan asuransi BPJS. Sebenarnya jaminan asuransi ini telah bisa berjalan dari awal tahun lalu, tetapi berhubungan ada keterlambatan tentang dana desa banyak dari perangkat desa itu belum menyerahkan berkasnya,” ungkap Linda.

Untuk pembiayaan sendiri nantinya, lanjut dia, bagi perangkat desa akan dicaver melalui Dana Desa, sedang BPJS Ketenagakerjaannya akan disesuaikan sesuai persentase penghasilan mereka. Bersamaan dengan acara itu, juga hadir dari pihak Tamrin Brother karena pada tahun ini juga setiap desa akan memiliki kendaraan dinas roda dua yang pembiayaannya juga melalui Dana Desa.

“Jadi diharapkan dengan adanya jaminan Kesehatan dan Ketenagakerjaan serta beberapa fasilitas pendukung lainnya bagi desa-desa di Kabupaten Muratara, diharapkan kedepan bagi setiapa perangkat serta Kepala Desa dapat bekerja lebih maksimal lagi, “ tutupnya. SON

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here