Home Palembang Purna Bakti Anggota DPRD Sumsel Terima Dana Pensiun

Purna Bakti Anggota DPRD Sumsel Terima Dana Pensiun

0

PALEMBANG, PE- Sekretaris DPRD Sumsel, Ramadhan S Basyeban mengatakan, sejak awal dilantik sebanyak 75 anggota DPRD Sumsel massa bakti 2014- 2019, memiliki simpanan pada Yayasan Purnabakti (Yanarti). Dimana dana tersebut bersumber dari representasi tiap anggota, yang secara otomatis dipotong oleh yayasan sejak awal dilantik.

“Nantinya, dana tersebut dibagikan tiap anggota ketika berhenti melaksanakan tugasnya. Untuk dana Yanarti, surat sudah kita kirim. Tinggal proses di Jakarta saja. Mungkin dalam minggu ini cair,” ujarnya.

Untuk dana pensiun lanjutnya, akan dibagi menjadi dua yakni tunjangan dan jasa pengabdian, tiap anggota akan mendapat dana yang berbeda-beda. Untuk dana yang didapat bervariasi mulai Rp 34,8 juta (ketua), Rp 27,8 juta untuk wakil ketua dan Rp 26,1 juta untuk anggota. Jumlah ini, jika para anggota dewan itu bekerja selama 5 tahun.

Apalagi jabatan ketua DPRD Sumsel sebelumnya MA Gantada, belumlah menyampai satu tahun.

Khusus tunjangan, anggota dengan jabatan ketua akan mendapat Rp16,8 juta. Itu apabila menjabat genap selama 5 tahun atau kurang lebih 56 bulan. Besaran dana yang diterima setelah tiap bulannya dipotong sebesar Rp 300 ribu, dari uang representasi tadi.

“Untuk wakil ketua dengan masa kerja 5 tahun dan potongan sebesar Rp 240 ribu, akan mendapatkan dana sebesar Rp 13,44 juta. Sedangkan untuk anggota biasa dengan masa kerja 5 tahun dan potongan Rp 225 ribu akan mendapatkan dana sebesar Rp 12,6 juta,” ujarnya seraya menambahkan, khusus anggota pengganti antar waktu (PAW), nominalnya akan disesuaikan dengan lama masa tugas.

Selain dana Yanarti, 75 anggota DPRD Sumsel baik yang kembali atau tidak terpilih lagi itu juga, mendapatkan dana pengabdian itu sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Adminitratif Anggota DPRD. Dalam pasal 19 ayat 2 disebutkan, jika uang jasa pengabdian diberikan 6 kali uang representasi seluruh anggota.

Uang jasa pengabdian yang dimaksud yakni untuk ketua sebesar Rp 18 juta, wakil ketua sebesar Rp Rp 14,4 juta dan anggota sebesar Rp 13,5 juta. Besaran dana yang diterima tersebut, apabila masing-masing genap menjabat 5 tahun sebagai anggota DPRD Sumsel.

“Dana ini murni dari pemerintah sebagai uang jasa pengabdian bagi seluruh anggota dewan. Itu akan diberikan secara bersamaan,”tandasnya. JAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here