Home Sumsel Muara Rupit Sejumlah Wilayah Kabupaten Muratara Kembali Diselimuti Kabut Asap

Sejumlah Wilayah Kabupaten Muratara Kembali Diselimuti Kabut Asap

0

MURATARA, PE- Akibat masih adanya titik api yang menyebabkan karhutla dibeberapa wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), sejak beberapa hari terakhir kembali wilayah Kabupaten Kabupaten Muratara diselimuti kabut asap tebal.

Dari pantauan Palembang Ekspres diberapa Kecamatan yakni Kecamatan Nibung, Rawas Ilir, Karang Dapo dan Kecamatan Rupit sebagai ibukota Muratara, Senin (14/10), sejak pagi hingga sore tadi diselimuti asap tebal dan terasa sesak saat bernapas.

Seperti diungkapakan Ari, warga Desa Beringin Makmur 2, sejak Sabtu (12/10), kondisi udara terasa sudah tidak segar karena saat dia menghirup udara terasa pekat dan bau asap. Bila terlalu lama diluar ruangan, maka kepala terasa pusing. Diakuinya kemarin ada terjadi kebakaran di beberapa lahan di sekitar desanya, tetapi sudah padam.

“Entah kebakaran dimana lagi hingga hari ini kabut asap semakin tebal. Kepada pihak terkait kami berharap segera mengambil kebijakan, karena sepertinya udara beberapa hari ini lebih parah dari kabut asap sebelumnya yang pernah terjadi beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinkes Muratara, Marlinda Sari S,Si Apt, M.Si kepada Palembang Ekspres mengungkapkan, untuk kondisi udara dan kabut asap beberapa hari terakhir di Kabupaten Muratara menurut pengamatannya sudah masuk dalam katagori tidak sehat. Sehingga disarankan kepada ibu hamil maupun bayi, untuk tidak beraktivitas diluar ruangan.

“Kalau melihat kondisi asap hari ini masuk kategori tidak sehat, jadi disarankan untuk bayi dan ibu hamil untuk lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan. Kalaupun ada aktivitas luar rumah upayakan menggunakan masker, karena kondisi hari ini pengamatan mata kurang lebih sama dengan waktu pengukuran ISPU oleh tim BTKL saat kabut asap beberapa waktu lalu,” jelasnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here