Home Sumsel Muara Rupit Kuatkan Usaha Ekonomi Pedesaan, DPMD Sumsel Gelar Bimtek Ke Muratara

Kuatkan Usaha Ekonomi Pedesaan, DPMD Sumsel Gelar Bimtek Ke Muratara

0
Ibu-ibu saat mengikuti Pelatihan Penguatan Usaha Ekonomi Masyarakat, Rabu (27/11).

MURATARA, PE- Guna menggali potensi lokal dalam upaya Pengetasan Kemiskinan Daerah Perkotaan (P2KP), DMPD Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Bimtek penguatan usaha ekonomi masyarakat Desa Tertinggal dan Desa Pesisir, di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Rabu (27/11).

Bimtek yang dihadiri emak-emak dari perwakilan Desa setiap Kecamatan Kabupaten Muratara tersebut, bertujuan memberikan bimbingan dalam peningkatan SDM Daerah Pedesaan untuk menjadikan usaha-usaha kecil rumahan yang ada lebih maju lagi dan berkembang lagi.

Disampaikan Azwar, Kabid Pembangunan Daerah Tertinggal dan Terpencil DPMD Provinsi Sumsel kepada Palembang Ekspres, tujuan dari Bimtek itu yakni untuk mengali potensi lokal disetiap daerah untuk dijadikan usaha ekonomi kreatif dengan dilakukan pelatihan kepada SDM-nya agar meningkatkan lagi usaha-usaha lokal yang ada.

Saat ini pihaknya dalam upaya uji coba untuk mengali tentang potensi-potensi lokal seperti Kabupaten Muratara, mencari usaha apa yang cocok untuk dapat ditingkatkan kembali dalam upaya pengerasan kemiskinan. Dia berharap tak hanya di kaki lima, tapi juga bisa beredar di pasar-pasar besar seperti Pasar Lubuklinggau dan sebagainya.

“Usaha lokal itu banyak seperti di Kabupaten Muratara ada usaha kerupuk, kemplang dan ada juga pedo. Itu bisa ditingkatkan lebih besar. Tahun ini dalam program Gubernur untuk PMD Provinsi, Kabupaten Muratara termasuk beruntung. Karena dari 6 Kabupaten Kota di Sumsel, Muratara termasuk didalam enam itu,” ungkapnya.

Jadi melalui pelatihan-pelatian itu, pihaknya berharap masyarakat sebagai pelaku usaha rumahan di desa-desa itu menjadi mandiri dengan usahanya lebih meningkat lagi, dan tidak kalah bersaing dengan usaha-usaha dari daerah luar

“Di tahun 2020 pelatihan pelaku usahanya ini akan kami tindaklajuti lagi, agar SDM-nya lebih maju lagi dengan wawasan dalam memajukan usaha mereka,” harapnya.

Sementara Kabid Pemdes DPMD-P3A Muratara, Zulian Putra mengungkapkan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh DPMD Sumsel untuk mengajak meningkatkan dan menguatkan usaha-usaha kecil yang ada di Kabupaten Muratara. “Kalau selama ini belum teragenda dan terangaarkan, maka Alhamdulillah DPMD Sumsel dapat mengcover semuanya,’’ ujarnya.

Dengan dilakukanya pelatihan terhadap ibu-ibu dari P2KP, ke depan dia berharap selain pelatihan ada juga bantuan dalam mendorong usaha-usaha yang ada lebih besar lagi. Seperti pinjaman atau bantuan modal, pelatihan sistem studi banding dan sebagainya.

“Melalui kegiatan ini kita mengharapkan ibu-ibu dapat lebih semangat lagi, dengan berinovasi dengan memanfaatkan segala potensi dan peluang yang ada. Seperti memasarkan produk dengan cara online agar bisa lebih meningkatkan lagi omset penjualanya, khususnya ptoduk-produk khas lokal Muratara,” tambahnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here