Home Sumsel Prabumulih Puluhan Peserta Prolanis Ikuti Senam dan Edukasi Kesehatan Prolanis

Puluhan Peserta Prolanis Ikuti Senam dan Edukasi Kesehatan Prolanis

0
Peserta Pronalis foto bersama usai mengikuti Senam dan Edukasi Kesehatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

PRABUMULIH.PE- BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih menggelar senam Prolanis di halaman Kantor BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, sebagai bentuk kepedulian terhadap peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Melalui senam sehat, tubuh digerakkan dan membakar kalori yang ada di dalam tubuh, selain itu juga lewat senam sehat bersama ini dijadikan sebagai wadah silaturahmi dan komunikasi.

Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) adalah sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan, dalam rangka memelihara kesehatan peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis. Sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan efektif dan efisien. Program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini bertujuan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal. Penyakit kronis yang dimaksud, adalah diabetes melitus tipe 2 dan hipertensi.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat pagi (29/11) tersebut, dilakukan pula edukasi kesehatan oleh dr Ersyka Aryani.

“Selain minum obat secara teratur ada beberapa hal yang harus diperhatikan lainnya, yaitu harus berolahraga secara teratur, rutin memeriksa gula darah dan tekanan darah, mengikuti edukasi kesehatan untuk menambah wawasan mengenai penyakit kronis, dan yang tidak kalah penting adalah mengatur pola makan,” kata dr Ersyka.

Sri Indayani (51), salah satu peserta prolanis yang mengikuti kegiatan tersebut mengakui bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat.

“Kami sangat senang mengikuti Senam Bersama BPJS Kesehatan dengan peserta prolanis yang lain, selain menyehatkan juga dapat menjalin silahturahmi sesama peserta prolanis dari klub prolanis yang lain dan bisa saling berbagi informasi mengenai kegiatan prolanis di masing-masing Fasilitas Kesehatan,” ujar Sri.

Di sisi lain, Yunita Ibnu selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih mengatakan, kegiatan senam sehat merupakan bentuk kepedulian BPJS kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat,

“Tujuan dari pelayanan kesehatan adalah Promotiv, Prefentiv, Kurativ dan Rehabilitasi, salah satu bentuk pencegahan maka dilakukan kegiatan senam sehat sebagai pencegahan resiko penyakit, khususnya pada pasien yang memiliki riwayat penyakit Hipertensi, Diabetes Melitus, Asam Urat, dan Hiperkolesterol,” pungkasnya. RAY

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here