Home Headline News Air Sungai Kikim Rendam Gunung Kembang Setinggi 1,5 Meter

Air Sungai Kikim Rendam Gunung Kembang Setinggi 1,5 Meter

0
Banjir tampak merendam Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Lahat.

LAHAT, PE – Air Sungai Kikim juga merendam pemukiman penduduk kira-kira setinggi 1,5 meter atau se dada orang dewasa, di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Lahat. Dimana, hanya dipisah akses jalan lintas sumatera (Jalinsum) menuju Kabupaten Empat Lawang.

Kang Man, warga setempat membenarkan, hujan yang turun cukup deras, sehingga air Sungai Kikim yang memang dekat sekali dengan rumah warga dan jalinsum terendam.

“Kendaraan sama sekali tidak bisa lewat, sebab, ketinggian air sudah 1,5 meter,” urainya, Kamis (9/1).

Hal ini, sambung dia, pernah terjadi di tahun 2010 Dimana, ketinggian air mencapai 4 meter, membuat puluhan kediaman masyarakat baik dipinggir sungai dan lainnya, hingga warga tidak bisa menyelamatkan harta benda lagi.

“Banyak rumah dan harta benda hanyut. Dikhawatirkan peristiwa serupa terulang kembali, makanya penduduk langsung dievakuasi ke tempat aman,” beber Kang Man.

Senada, Kepala Desa (Kades) Gunung Kembang, Sarkoni mengemukakan, hujan turun semenjak Kamis dini hari (9/1), sekitar pukul 03.15 WIB dan pada pukul 06.00 WIB, air Sungai Kikim meluap hingga menutupi jalinsum dan rumah warga.
“Warga yang berada di dekat bantaran sungai, kita pindahkan ke lokasi aman, dan sehubungan jalinsum banjir, maka, banyak kendaraan tidak bisa menyeberang. Mengingat volume air yang cukup deras,” ujarnya.

Ia menerangkan, jangan sampai banjir serupa pada 2010 lalu terulang kembali. Dimana, banyak kediaman masyarakat nyaris tenggelam.

“Ini yang kita takutkan, kalau banjir pada 2010 terulang, maka, kita antisipasi sedini mungkin, mengungsikan ke titik-titik aman,” beber Sarkoni. BRN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here