Home Parlemen & Politik Enos Janjikan Asuransi Untuk Petani

Enos Janjikan Asuransi Untuk Petani

0

PALEMBANG, PE – Bakal calon Bupati Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) H Lanosin Hamzah atau Enos menjanjikan asuransi untuk petani, apabila terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 nanti.

“Kita akan upayakan petani itu mendapatkan asuransi pertanian. Sehingga saat terjadi gagal panen, perekonomian mereka tetap stabil karena ditunjang asuransi itu,” katanya ditemui di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Selasa (21/1).

Dikatakannya, dirinya belum menjajaki perusahaan asuransi apa yang akan digaet untuk program ini. Karena statusnya yang masih bakal calon. Tapi, kalau ia dipercaya rakyat memimpin OKUT, Enos berjanji akan merealisasikannya.

“Mendengarkan suara rakyat untuk dilaksanakan apabila amanah itu diberikan,” ujar adik kandung dari Gubernur Sumsel H Herman Deru ini.

Menurut dia, Kabupaten OKU Timur lebih menggantungkan pendapatan asli daerah di sektor pertanian. Ada sebanyak 70 persen petani padi dan 30 persen petani karet di sana. Hidup mereka sudah sejahtera. Tapi masih mungkin ekonominya turun jadi nonsejahtera.

Itu terjadi apabila gagal panen, yang disebabkan kejadian force majeure atau suatu kejadian yang terjadi di luar kemampuan manusia. Seperti bencana kekeringan atau serangan hama.

“Kalau serangan hama, petani sudah tahu apa yang harus dilakukan. Menanam padi itu tidak boleh secumpuk-secumpuk, tapi harus bersama-sama. Kalau menanam di satu titik, hama akan menghabiskan padi di titik tersebut. Kalau ditanam sekaligus, Insha Allah tidak,” ujar aparatur sipil negara dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Palembang ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, gagal panen bisa juga disebabkan oleh kurang pupuk atau berkurangnya unsur hara pada tanah karena sering ditanami. Makanya perlu disingkronkan antara Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan kelompok tani, agar hal ini tak terjadi.

“Kita akan upayakan lewat pemberian asuransi tadi. PPL-nya juga perlu disupport, serta pemberian alat pertanian,” ujarnya.

Ia tidak menutup kemungkinan gaji PPL akan dinaikkan apabila keuangan daerah memungkinkan. “Saya kan belum di dalam. Jadi tidak tahu apa yang terjadi. Itu Dinas Pertanian yang lebih tahu. Tapi kalau saya terpilih dan keuangan daerah memungkinan, bisa saja gaji PPL dinaikkan,” ucapnya.

Terkait pencalonannya menuju kursi Bupati OKUT, ia mengatakan sudah mendapatkan dukungan secara lisan dari sejumlah partai politik.

“Saya butuh minimal sembilan partai pendukung. Saat ini dukungan baru dari PKB, Nasdem, Gerindra, dan lainnya. Tapi itu baru sebatas lisan. Saya perlunya dukungan tertulis dari DPP untuk maju,” ucapnya.

Ia juga mengatakan telah mendapatkan restu dari Herman Deru untuk maju di Pilkada OKUT. Diakuinya tidak mudah bagi Herman Deru untuk memberikan dukungan secara moril atau pribadi, ke salah satu calon.

“Alhamdulillah kemarin, mungkin beliau sudah memantau semuanya. Mungkin dianggap program saya satu visi dengan Sumsel, maka kemarin beliau mengatakan secara pribadi mendukung saya untuk maju di Pilkada OKUT,” ucapnya.

Disinggung soal statusnya sebagai ASN, ia mengatakan, sudah mengajukan surat pengunduran diri dan saat ini tengah diproses. “Bahkan saya sudah tidak terima gaji dari dinas,” pungkasnya. CIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here