Home Ekonomi Sajikan Pindang Palembang dengan Cita Rasa Berbeda

Sajikan Pindang Palembang dengan Cita Rasa Berbeda

0
Menu Pindang Palembang yang menjadi sajian andalan Kedai Rumah Nyai.

PALEMBANG.PE- Rumah makan yang menyediakan Pindang Palembang masih sangat minim di kota ini. Hal tersebut menjadi alasan restoran ‘Kedai Rumah Nyai’ menjadikan makanan khas ‘Wong Palembang’ itu sebagai menu andalannya.

“Di Palembang ini ada banyak menu Pindang, seperti Pindang Musi Rawas, Pindang Pegagan, dan sebagainya. Tapi Pindang Palembang belum terdengar. Makanya kita buka Kedai Rumah Nyai. Pindang kita, Pindang Palembang atau Pindang Nyai,” kata Ahmad Kesuma, sang pemilik restoran, saat acara Grand Opening Kedai Rumah Nyai di Jalan Veteran No. 127-128 Gedung LPK Perhotelan, Palembang, Senin (20/1).

Ahmad Kesuma, pemilik restoran Kedai Rumah Nyai (tengah) berbincang dengan tamu undangan pada acara Grand Opening Kedai Rumah Nyai di Jalan Veteran, Senin (20/1).

Alasan menjadikan masakan Pindang andalan di restoran tersebut, ia melanjutkan, untuk melengkapi menu Pindang yang sudah ada sebelumnya di Kota Palembang. Guna membedakan dengan restoran lain, Pindang di Kedai Rumah Nyai punya kekhasan tersendiri.

“Kita lebih menonjolkan rasa asam. Bahannya dari ikan segar. Harga relatif murah. Sekitar Rp30 ribu-an per porsi,” ujarnya.

Segmentasi konsumen yang dituju, menurut dia, mulai dari kalangan ekonomi menengah bawah hingga atas. Dibuktikan dengan menu termurah seharga hanya Rp15 ribu. “Itu untuk masakan nusantara. Jadi siapa pun bisa makan di sini,” ucapnya.

Ia berharap Kedai Rumah Nyai bisa jadi salah satu tujuan wisata kuliner di Palembang. Sekaligus menambah cita rasa Pindang, yang menjadi masakan khas kota ini.

Yan Setiawan, pengelola Kedai Rumah Nyai, mengatakan, ada tiga jenis Pindang di sini, yakni Pindang Baung, Pindang Patin, dan Pindang Tulang. Semuanya itu khas Palembang.

“Harga di kisaran Rp25 ribu, sudah termasuk nasi dan lalapan. Istimewanya Pindang ini, rasa asamnya, ikannya segar, dan harganya relatif murah,” terangnya.

Menurutnya, harga yang jadi pembeda Pindang di Kedai Rumah Nyai dengan restoran yang menyediakan masakan serupa. “Harga di kita relatif lebih murah. Lalapan pendamping Pindang Patin, seperti petai, selada, dan kemangi, kita berikan gratis,” tukasnya.

Aneka menu minuman yang disediakan, ia melanjutkan, seperti aneka jus. Salah satunya Jus Pinang, yang juga jadi andalan restoran ini. Lalu teh tarik, kopi tarik, dan lainnya. Harga mulai dari Rp15 ribu hingga Rp25 ribu.

Adapun paket makanan Rp15 ribu, yang disediakan berupa nasi rames dengan pilihan tiga lauk, yakni ikan, ayam, dan daging.

“Pangsa pasar kita lebih ke pekerja. Contohnya penjaga toko dan karyawan di sekitaran area Jalan Veteran. Kita menjaring pekerja-pekerja yang makan siangnya tidak terlalu mahal,” ujarnya.

Acara grand opening sendiri berjalan santai tanpa ada seremonial. Tamu yang datang langsung menikmati hidangan yang telah disediakan. Umumnya mereka menyukai menu Pindang yang disajikan.

“Pindang di sini cocok dengan lidah saya. Rasanya enak dan agak asam. Sesuai dengan selera saya. Soal harga, relatif murah,” kata H Engga Dewata, tamu undangan. CIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here