Home Sumsel Empat Lawang Bupati Joncik Minta Kades dan BPD Sejalan

Bupati Joncik Minta Kades dan BPD Sejalan

0
Bupati Empat Lawang saatmemberikan arahannya dalam pelantikan Kades Air Mayan, Pasemah Air Keruh, Empat Lawang.

EMPAT LAWANG, PE – Pengelolaan desa sudah tertuang UU No 6 Tahun 2014, yang harus dicermati dan diresapi esensi dan substansinya. Hal ini sangat mendasar, agar desa dapat membangun dengan dana desa yang digulirkan langsung.

Demikian dikatakan Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad, saat menyampaikan arahannya di acara pelantikan Kades Air Mayan Kecamatan Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empat Lawang, di Kantor Camat Pasemah Air Keruh, Empat Lawang, Selasa (4/2/2020).

Joncik mengatakan, pengawasan dana desa langsung dari Kapolsek karena itu Kades harus mengelola dana desa dengan baik.

“Perbedaan dana desa tergantung wilayah dan jumlah penduduk serta tingkat kemiskinan desa, karena itu ada perbedaan dana yang bisa dicairkan,” kata Joncik.

Disampaikannya, Kades dan BPD harus seiring sejalan dan tidak berjalan berjalan sendiri-sendiri.

“Penyusunan ABDes harus bersama-sama, jangan pakai pihak ketiga,” pesannya. Dengan sistem kerja yang baik, imbuhnya, hak rakyat dan Kades terpenuhi dan tidak ada penyimpangan.

“Dana Bangub itu, besarnya Rp 25 juta pertahunnya. Memang, ada besaran Rp 10 juta, itu merupakan hak Kades dalam mengelolahnya, namun sisanya itu harus diterapkan sesuia peruntukannnya,” kata Joncik.

Disampaikannya, ada item-item dalam pengelolaan Dana Bangub yang mesti dipenuhi para Kades, salah satunya membuat plang/papan informasi 10 Program Pokok PKK di desa.

Ketua TP PKK Kabupaten Empat Lawang kata Joncik, saat melintas di desa-desa yang tidak ada papan informasi 10 Program Pokok PKK, selalu ‘ngedumel’ dan mengatakan Kades setempat itu tidak amanah, karena tidak menerapkan Dana Bangub sesuai dengan peruntukannya. KOE

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here