Home Sumsel Musirawas Empat Tahun Menjabat, Enam Poin PR Terentaskan

Empat Tahun Menjabat, Enam Poin PR Terentaskan

0

MUSIRAWAS, PE – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Musirawas H Hendra Gunawan – Hj Suwarti (H2G Berarti), Kamis (27/2) bertempat di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Musirawas menggelar ekspos 4 tahun kepemimpinan H2G Berarti di Bumi Serasan Sekantenan.

Kegiatan yang berjalan meriah tersebut, selain dihadiri pejabat-pejabat FKPD, OPD, pemuka agama, pemuka masyarakat, organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan, Camat, Kades dan pejabat pejabat lainnya dilingkungan Pemkab Musirawas. Juga turut hadir masyarakat yang tumpah ruah ikut merayakan momen bahagia tersebut.

Bupati Musirawas, H Hendra Gunawan didampingi Wakil Bupati Musirawas, Hj Suwarti dalam sambutan mengatakan, di empat tahun kepimpinan mereka sudah banyak prestasi yang dicapai.

Terutama dalam menyelesaikan 6 poin amanah Gubernur Sumsel periode 2013-2018, Alex Nurdin pada saat mereka dilantik di 2015 lalu.

“Hari ini kita gelar ekspos 4 tahun kepemimpinan H2G berarti. Banyak prestasi yang sudah kita capai. Namun, yang kami prioritaskan yakni amanah Pak Alex Nurdin 4 tahun lalu. Ada 6 poin yang menjadi PR dan harus kami selesaikan,” ujar Bupati dalam sambutannya.

6 poin PR tersebut, Hendra menuturkan, pertama menurunkan angka kemiskinan di Bumi Musi Rawas. Tentu itu bukan hal yang mudah, sebab 70 persen masyarakat Musirawas merupakan petani. Dan tepat disaat harga jual barang hasil tani menurun.

“Ini ujian besar bagi kami, karena kami dilantik pas disaat harga karet turun, sawit juga, sawah juga ikut anjlok dan harga harga yang lainnya yang ikut turun. Namun, sekerang alhamdulillah angka kemiskinan kita sudah mengalami penurunan, kita bersama 5 kabupaten lain se Sumsel yang mampu menurunkan angka kemiskinan,” ujar Hendra.

Kedua, yang perlu diselesaikan yakni status Kabupaten tertinggal untuk Musirawas. “Tahun 2015 kita masuk dalam 112 kabupaten tertinggal. Kita berupaya berangsur angsur, tahun 2016, 2017 dan tepat di 2018 kita lepas dari status terringgal. Kita salah satu kabupaten yang terentaskan. Tudak ada lagi desa sangat tertinggal. Ada beberapa desa yang masih berstatus tertinggal, tapi itu karena kesulitan bagi pemkab mura untuk melakukan intervensi pembangunan. Tapi saat ini sudah berjalan baik, insyaAllah akan terentaskan,” ungkapnya.

Ketiga, meningkatkan akses sabilitas pendidikan. Hendra menuturkan, poin ketiga ini langsung dikerjakan. Terbukti 1 bulan dilantik pihaknya langsung luncurkan musi rawas sempurna cerdas.

“Alhamdulillah poin ketiga melalui program kita bisa kita selesaikan. Ini berkat karya guru guru, banyak piagam penghargaan yang harusnya diberikan. 2016 sampai 2019 indeknya terkait pendidikan meningkat. Termasuk masalah biaya transportasi mahal penyebab putus sekolah, kita siapkan bus dan kedepan akan diperbanyak,” katanya.

Keempat, meningkatkan aksesbilitas dibidang kesehatan. Sama seperti pendidikan, pihaknya meluncurkan mura sempurna sehat. “Kami langsung turun monitor dan evaluasi dinas kesehatan. Terimakasih tenaga medis. 150 inovasi diciptakan oleh tenaga medis di lapangan. Alhamdulillah permasalahan kesehatan terselesaikan,” jelasnya.

Kelima, harus melakukan atau fokus Pertumbuhan ekonomi meningkat. Dan keenam penuntasan permasalahan Karhutlah. “Poin kelima alhamdulillah sudah kita kerjakan dengan baik. Poin keenam juga terselesaikan dengan baik. Memang pembakaran terkadang masih terjadi, namun angkanya jauh apabila dibandingkan tahun 2015 dan 2016 lalu. Alhamdulillah ini berkat kerjasama semua pihak dan masyarakat 6 poin PR Gubernur, pak Alex Nurdin bisa kita kerjakan dengan baik dan terselesaikan,” paparnya.

Selain itu banyak prestasi lainnya. Selama dirinya menjabat Kabupaten Musirawas selalu mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Musirawas peringkat pertama dalam penilaian KPK, masuk 10 besar tingkat nasional penilaian ombusman dalam hal pelayanan publik dengan nilai hampir sempurna 94, 5.

“Masuk 4 besar nasional goverment award. Kita pernah terpilih menjadi 7 besar kabupaten terbaik senasional. Banyak prestasi lainnya yangbtidak bisa saya sebutkan satu persatu. Ini bukti kalau kita sudah melakukan yang terbaik untuk musirawas, kita mampu bersaing dengan kabupaten lain seindonesia. InsyaAllah kita akan tetap melakukan dan memberikan yang terbaik untuk Musirawas Sempurna,” tutupnya. AFA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here