Home Sumsel Muara Rupit KPUD Muratara Ajak Insan Pers Ciptakan Pilkada Muratara yang Kondusif

KPUD Muratara Ajak Insan Pers Ciptakan Pilkada Muratara yang Kondusif

0
Foto bersama disela-sela peringatan HPN dan Dialog bersama KPUD Muratara dan Awak Media.

MURATARA, PE- Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengajak semua insan pers di Muratara mengawal jalannya Pilkada Muratara. Itu dilakukan, guna menciptakan Pemilu yang kondusif dan aman.

Bertempat di ruang pertemuan RM Sederhana Muara Rupit, dengan dihadiri sebayak 24 perwakilan media massa dan Plt PWI Kabupaten Muratara, selain peringatan HPN tahun 2020, juga dilakukan dialog bersama agar insan pers dan KPUD Muratara.

Diungkapkan Ketua KPUD Muratara, Agus Maryanto dalam sambutanya, dalam demokrasi dan sejarah bangsa ini, peran media masa dan insan pers sangat penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat yang berupa kebenaran dan dapat dipertanggungjawabkan.

Oleh karena itu bersama dengan peringatan HPN tahun 2020, pihaknya mengajak semua insan pers untuk berdialog, karena pihaknya perlu banyak membutuhkan masukan dari semua pihak, terutama dari rekan-rekan media dalam mengsukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muratara yang sebentar lagi akan memasuki tahapan.

“Khususnya dalam kerjasama dengan awak media apa saja kira-kira yang harus KPU lakukan, agar tahapan tahapan KPU itu dapat menyampaikan informasi yang positif dan tidak salah penafsiran. Terutama dalam istilah-istilah yang ada dalam tahapan Pilkada di KPU, karena saat ini siapapun bisa menjadi penyebar informasi, khususnya di medsos. Padahal informasi yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan, adalah berita yang disampaikan oleh media massa,” ungkapnya.

Oleh karena itu dia berharap, ketika pemberitaan itu berkaitan dengan KPU kiranya awak media dapat meminta konfirmasi dengan pihaknya, baik melalui komisioner ataupun dengan dia sendiri selaku Ketua KPUD Muratara. “Terutama pada istilah-istilah yang ada dalam tahapan Pemilu, agar tidak menjadi tafsir yang salah di masyarakat dan dapat memberikan informasi yang benar dalam pelaksanaan Pilkada yang aman serta kondusif,’’ ungkapnya.

Sementar Plt Ketua PWI Muratara, Marwan Azhari dalam dialog bersama pihak KPUD Muratara berharap seluruh awak media dan teman-teman jurnalis ada di Kabupaten Muatara dapat menjaga profesionalitas dalam melakukan kegiatan jurnalistik, komitmen menjaga netralitas, dan membuat suasana Pemilu agar aman dan kondusif.

“Kami juga berharap, pihak KPUD Muratara juga bisa memberikan informasi seluas-luasnya ke awak media, khususnya saat hendak konfirmasi terkait pemberitaan, agar dapat menyajikan informasi yang benar dan berimbang. Terutama kalau bisa ada pusat informasi, jadi jika rekan-rekan media hendak mencari data bisa lebih mudah,’’ harapnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here