Home Headline News PSSI Buka Kans Sumsel Host Piala Dunia U-20

PSSI Buka Kans Sumsel Host Piala Dunia U-20

0
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule didampingi Gubernur Sumsel, Herman Deru, saat meninjau Stadion GSJ, Jakabaring, yang dinominasikan menggelar Piala Dunia U-21.

PALEMBANG, PE – Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring masih berpeluang menjadi salah satu dari enam venue Piala Dunia U-20,  akan berlangsung pada 2021 mendatang.

Demikian dikatakan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule saat menginspeksi kesiapan stadion kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan itu, Selasa (11/2/2020).

“Saya tadi sudah dengarkan paparan kesiapan, mulai dari akomodasi, kesehatan, keamanan, venue, dan lain sebagainya. Prinsipnya kami akan melihat persiapan secara keseluruhan,” katanya kepada awak media.

Diakuinya, Stadion Gelora Sriwijaya sudah beberapa kali menggelar even bergengsi tingkat internasional, seperti Piala Asia, SEA Games, dan Asian Games. Ini akan jadi pertimbangan pihaknya.

“Setelah ini kami akan lima stadion lainnya. Yakni empat di sekitar Jakabaring, stadion panahan, atletik satu dan dua, serta bisbol,” ucapnya.

Sejumlah stadion yang diinspeksi, ia mengatakan, ada beberapa yang perlu penyempurnaan. Seperti stadion atletik. Ukurannya perlu ditambah.

“Pastinya kalau sudah memenuhi standar, kami akan diskusi dengan FIFA. Mudah-mudahan Palembang, Sumsel bisa jadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” tukasnya.

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, pihaknya akan merenovasi Stadion Gelora Sriwijaya, sehingga benar-benar sesuai standar yang ditetapkan FIFA.

“Saya siap mengalokasi pendanaan untuk mencukupi apa yang disyaratkan,” katanya.

Dikatakannya, merenovasi venue bisa dilakukan daerah lain, yang juga berkeinginan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Tetapi ada keunggulan Sumsel dari daerah lain.

“Bangun infrastruktur itu, bisa dilakukan satu bulan atau dua bulan. Tapi satu kemenangan Sumsel dari daerah lain adalah pengalamannya,” ucapnya disambut tawa sumringah jurnalis.

Ia mengatakan, provinsi lain bisa membuat venue. Tapi tidak akan penah bisa menyaingi pengalaman yang dimiliki Sumsel.

“Kita pernah gelar beberapa even internasional bergengsi. PON beberapa kali. Lalu SEA Games dan Asian Games. Kita menggelar dengan sangat baik dan bahkan mendapat pengakuan dari dunia internasional,” ucapnya.

Selain itu, ia mengatakan, apabila pemerintah pusat mempercayai Stadion Gelora Sriwijaya sebagai venue Piala Dunia U-20, biaya yang dikeluarkan lebih murah daripada membangun venue baru.

“Saya yakin, PSSI menjadikan kita sebagai salah satu nominasi. Tinggal lagi meyakinkan FIFA,” tukasnya.

Dalam inspeksi tersebut, Iwan Bule ditemani Sekretaris PSSI Ratu Tisha Destri, Gubernur Sumsel H Herman Deru, Ketua Umum KONI Sumsel H Hendri Zainuddin, Direktur PT Jakabaring Sport City Meina Fatriani Paloh, dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah.

Beberapa fasilitas yang diperiksa kesiapannya, seperti ruang ganti pemain, ruang konferensi pers, hingga lapangan. Bahkan Iwan bersama Gubernur, Ketum KONI Sumsel, dan Sekretaris PSSI sempat menendang bola bersama.

Seperti diketahui, ada enam stadion di Indonesia yang bakal menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. Tapi, PSSI menyampaikan enam stadion itu bisa berubah. Venue itu adalah Stadion GBK Senayan, Stadion Pakansari, Stadion Manahan, Stadion Mandala Krida, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here