Home Palembang Sekda Seluruh Indonesia Berkumpul Bahas Persiapan Rakernas

Sekda Seluruh Indonesia Berkumpul Bahas Persiapan Rakernas

0
Ketua Umum DPP Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Nasrun Umar, yang juga Sekda Sumatera Selatan memberikan kata sambutan pada kegiatan Pra Rakornas Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rakernas Forsesdasi tahun 2020 di Hotel Arista, Jumat (7/2).

PALEMBANG, PE – Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) menyelenggarakan Pra Rakornas Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rakernas Forsesdasi tahun 2020 di Hotel Arista, Jumat (7/2/2020).

Ketua Umum DPP Forsesdasi Nasrun Umar, yang juga Sekda Sumatera Selatan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengakomodir dan menginventarisir seluruh permasalahan, yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi seorang sekretaris daerah.

“Sekda sebagai ketua tim anggaran pemerintah daerah harus mampu membuat formulasi tentang anggaran yang diperuntukkan bagi pembangunan. Sesuai dengan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) yang sudah digariskan pemerintah pusat,” ujarnya seusai acara.

Dikatakan dia, RPJMN diformulasi oleh Forsesdasi dalam setiap pertemuan. Tahun ini Rakernas digelar di Batam, Kepulauan Riau, 18 hingga 20 Maret mendatang. Lokasinya di Hotel Pasific Palace.

Peserta dan tamu undangan Rakornas Forsesdasi berjumlah 1.088 orang. Terdiri dari pengurus dan anggota Forsesdasi, pengurus Forsesdasi Kemendagri, Kabiro Organisasi Setda Provinsi, Sekda Kabupaten dan Kota se- Indonesia, dan Ketua Komwil Forsesdasi. Rakornas akan dihadiri dan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri, yang sekaligus akan memberikan pengarahan kepada peserta.

“Ini adalah Pra Rakornas, yang berfungsi sebagai penyempurnaan pelaksanaan Rakornas. Kebetulan Sekda Sumsel sebagai Ketua Umum DPP Forsesdasi,” tukasnya bangga.

Pra Rakornas Forsesdasi dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo dan para Sekda dari seluruh provinsi di Indonesia. Termasuk Sekda Kepri, yang akan bertugas sebagai tuan rumah pada Rakernas Forsesdasi mendatang. Rakernas Forsesdasi diselenggarakan setiap tahun. Dalam dua tahun terakhir digelar di Lombok dan Balikpapan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo mengatakan, Forsesdasi merupakan perhimpunan 34 sekda provinsi dan 514 sekda kabupaten dan kota.

“Mesti ada hal-hal yang perlu didiskusikan. Khususnya terkait kebijakan reformasi birokrasi, penyederhanaan regulasi, dan kemudahan-kemudahan di dalam upaya peningkatan investasi. Serta semua target yang telah ditetapkan dalam RPJMN 2020-2024,” katanya.

Ia mengatakan bahwa visi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin membawa Indonesia maju, mandiri, berdikari, berkepribadian berlandaskan gotong royong.

“Misi dijabarkan dalam sembilan visi dan lima prioritas utama. Kami harapkan nanti tema rakernas, peningkatan kualitas dan percepatan pelayanan publik untuk mewujudkan Indonesia maju. Sehingga ada korelasi,” pungkasnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here