Home Palembang Sewa Lapak di Pasar Ikan Modern Gratis

Sewa Lapak di Pasar Ikan Modern Gratis

0
Pasar Ikan Modern (PIM) yang dibangun di Jalan MP Mangku Negara, Palembang

PALEMBANG, PE – Pembangunan Pasar Ikan Modern (PIM) yang di Jalan MP Mangku Negara terus dikebut. Saat ini, progres pembangunan sudah sampai 95 persen. Rencananya, pasar ini akan mulai beroperasi pada Maret 2020 mendatang.

Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang, Aprizal mengatakan, rencananya untuk tahun ini sewa 260 lapak yang ada di Pasar Ikan Modern ini akan digratiskan. “Mulai dari pasar beroperasional sampai akhir tahun ini. Nah, untuk persyaratan menyewa lapaknya itu nanti langsung ke BUMD yang akan mengelola pasar ini, yakni PT Patralog,” jelas Afrizal, Selasa (4/2).

Menurut dia, pasar ikan modern ini memiliki fasilitas yang lengkap. Dengan sistem one stop shopping, para pengunjung di pasar ini nantinya, selain bisa mendapatkan ikan yang segar juga bisa mendapatkan ikan yang sudah dimasak.

“Kita sediakan juga beragam penganan dari bahan dasar ikan. Ada food court di lantai dua. Selain itu, pasar ini juga akan dilengkapi dengan cold storage berkapasitas 30 ton sebanyak tiga unit,” ujarnya.

Mengenai pengelolaan limbah, sambung Aprizal, Pasar Ikan Modern juga sudah menyiapkannya. Dimana, sudah ada Instalasi Pengelolaan Limbah (IPAL) dengan kapasitas 3×11.000 liter kubik, dan sudah memiliki sertifikasi dari kementerian.

“Jadi, nanti sebelum limbah dibuang, akan diolah dulu sehingga air limbah yang dibuang sudah bersih dan aman. Sekarang memang belum dipasang, karena pasarnya sendiri belum beroperasional,” jelasnya.

Dijelaskan Aprizal, Pasar Ikan Modern Palembang diusulkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan sejak Juli 2017 silam, disaat ada kegiatan pembangunan pasar ikan untuk beberapa daerah lainnya di Indonesia. Sebelum dilakukan pembangunan, Pemkot diminta menyiapkan lahan yang sudah Clear and Clean dari BPKAD dan Aset, IMB dan Feasibility Study oleh Bappeda.

“FS bahkan diverifikasi oleh Bappenas. Dalam FS pun dinyatakan bahwa 67 persen masyarakat setuju terkait adanya pembangunan pasar ikan dikawasan itu,” tutupnya. DYN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here