Home Kesehatan Cegah Kanker Payudara, Kenali Gejala Awalnya

Cegah Kanker Payudara, Kenali Gejala Awalnya

0

PALEMBANG, PE – Penderita kanker payudara dan serviks yang dialami kaum hawa di Indonesia dinilai cukup tinggi. Atas dasar itu, Women’s Caring Community memberikan edukasi kepada kaum wanita untuk mengenali gejala awal penderita kanker payudara.

Dalam edukasi waspada kanker dikemas dengan kegiatan Seminar Wanita dan Kesehatan dengan tema Waspada Kanker di Hotel Sintesa Peninsula, Sabtu (14/3).

Seminar ini juga menghadirkan penulis dan penyintas kanker dari Surabaya, Endri Kurniawati dan Direktur RS Hermina Palembang, dr Renny Puspita MARS serta Komunitas Penderita Kanker Payudara Palembang.

“Ada beberapa gejala kanker yang bisa kita ketahui seperti ada benjolan di payudara, puting mengeluarkan cairan, maupun kulit di sekitar payudara berkerut seperti kulit jeruk,” terang Endri Kurniawati.

Dalam kondisi yang sudah kritis, sambung dia, kulit di sekitar payudara berwarna kemerahan dan berakhir pada payudara yang pecah.

“Jika sudah demikian dikhawatirkan kanker itu akan menyebar ke jaringan, otak dan tulang,” terangnya.

Oleh sebab itulah, pola penanganan kanker ini dilakukan berdasarkan pada tingkat penyebaran penyakit ke jaringan. “Waktu saya divonis kanker, saya down. Namun saya tetap berpikir jernih dan semangat menjalani kegiatan medis,” ujar wartawan Tempo Media ini.

Sementara itu, Ketua Women’s Caring Community Hj Purwiastuti Kusumastiwi¬†mengatakan, seminar ini dalam rangkaian peringatan Women Day dan Hari Kanker Sedunia.

“Kegiatan ini sebagai bentuk empati kita kepada penderita kanker payudara. Jumlah penderita bisa ditekan jika sejak awal sudah bisa dicegah dan dideteksi sejak dini,” jelasnya.

Masih kata dia, seminar ini sebagai upaya edukasi kepada kaum wanita terhadap penyakit pembunuh nomor satu di Indonesia ini. Dengan seminar ini diharapkan wanita lebih waspada terhadap kanker.

“Peserta berasal dari ibu rumah tangga, karyawan, guru dan lainnya. Kita berharap jumlah penderita kanker ini bisa ditekan,” harapnya. RIS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here