Home Sumsel Banyuasin RJB Pertanyakan Dana Desa di Banyuasin

RJB Pertanyakan Dana Desa di Banyuasin

0

BANYUASIN.PE-Fungsi pengawasan dan pembinaan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Banyuasin menjadi pertanyaan sejumlah NGO dan LSM di wilayah Banyuasin.

Hal ini terkait banyak ditemukan tidak ada papan informasi kegiatan dana desa yang dilakukan oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) di masing-masing desa.

Seperti di Kantor Pemerintah Desa Purwo Sari Kecamatan Tanjung Lago, masyarakat sebagai kontrol pemerintah tidak bisa melihat langsung kegiatan Dana Desa tersebut.

“Ini bukti tidak ada pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh DPMD Banyuasin. Banyak desa yang tidak pasang papan informasi kegiatan ini menunjukan jika tidak transfaran,” ujar Iswandi Ketua Relawan Jaya Bersatu (RJB) Banyuasin.

Dengan tidak ada transparansi dana desa ini, ia menilai rentan disalahgunakan oleh oknum perangkat desa yang memperkaya diri sendiri.

“Harapan kita dana desa yang dibangun sesuai dengan peruntukan sehingga dapat mengerakan ekonomi masyarakat,”tuturnya.

Kabid Keuangan DPMD Banyuasin Joni Gunawan menegaskan apabila tidak ada papan informasi kegiatan dana desa sudah jelas itu salah. Karena ada aturan yang mewajibkan harus dipasang.

“Kalau ada desa yang tidak ada papan informasi laporkan kepada kami,”katanya.

Setiap ada kesempatan pertemuan, pihaknya selalu mengingatkan kepada pemerintah desa agar papan informasi ini dipasang. “Supaya masyarakat bisa melihat apa yang menjadi program dana desa,”tukasnya.BUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here