Home Palembang Bayar Zakat Bisa Kurangi Pajak Lho, Begini Caranya

Bayar Zakat Bisa Kurangi Pajak Lho, Begini Caranya

0
Sulaiman, Branch Manager Rumah Zakat Sumatera Selatan.

PALEMBANG.PE- Zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam, apabila memiliki harta atas batas nisab. Selain memiliki manfaat, sebagai bekal di akhirat.

Sulaiman, Branch Manager Rumah Zakat Sumatera Selatan menerangkan bahwa menunaikan zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam sebagai kepatuhan kepada Allah SWT, termasuk berguna bagi sesama yang membutuhkannya. Dengan zakat mengajarkan seseorang akan keikhlasan dan kedermawanan, sekaligus meningkatkan rasa kepedulian terhadap penderitaan fakir miskin.

“Selain memberikan manfaat dari segi keagamaan dan memperbaiki akhlak, zakat juga bisa dirasakan dari segi sosial. Adapun manfaat zakat yang bisa dirasakan bagi seseorang yang dengan ikhlas menunaikan zakat, mampu memperkuat tali persaudaraan dan ukhuwah Islamiyah,” ujarnya, Rabu (4/2/2020).

Selain itu, dijelaskan Sulaiman, menunaikan zakat bisa menghilangkan rasa iri hati dan dengki yang bersemayam di dada para fakir miskin. Sebab, keberadaan orang-orang kaya itu, sama sekali tidak memberikan manfaat apapun bagi orang yang tidak mampu secara ekonomi. Sementara, para orang kaya itu tidak menunaikan zakat dan bersedekah kepada fakir miskin. Sehingga zakat yang ditunaikan, akan menghindarkan dari bentrokan secara fisik, dan menghilangkan segala penyakit hati.

“Zakat akan memperluas peredaran harta. Hal ini karena dengan membayar zakat, maka harta tidak berhenti pada satu titik, tapi bisa menyebar ke banyak orang. Dengan begitu manfaat zakat tidak hanya bersifat individu saja, tapi juga secara luas kepada masyarakat dan masih banyak lagi manfaat Zakat,’’ papar Sulaiman.

Sulaiman menambahkan, bahwa zakat juga bermanfaat untuk mengurangi pembayaran pajak. Banyak masyarakat yang belum paham mengenai manfaat zakat untuk mengurangi pajak. Padahal, kata dia, hal itu sudah tercantum dalam UU No 23 tahun 2011.

“Mau Pelaporan SPT Pajak? Bagi donatur Rumah Zakat bisa melihat/cek bukti setor zakat untuk Pelaporan SPT Pajak. Cukup ikuti 4 langkah mudah yaitu pertama buka web care.rumahzakat.org, terus kedua login menggunakan username dan password yang telah kami informasikan. Ketiga atur periode donasi, dan terakhir cetak laporan zakatnya. Atau bisa konsultasi ke no WA centre 0815-7300-1555,” tuturnya.

Bukti setor zakat itu, menurut Sulaiman, bisa mengurangi Pendapatan Kena Pajak (PKP). Maka semakin besar zakat, semakin besar juga mengurangi PKP. RIL

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here