Home Sumsel Muara Rupit Dirikan Posko GTPP, Cegah Virus Corona Masuk Muratara

Dirikan Posko GTPP, Cegah Virus Corona Masuk Muratara

0
Bupati Muratara bersama petugas Posko GTPP saat melakukan pemantauan pengendara yang melintas.

MURATARA,PE- Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) serius melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona, yang saat ini menjadi perhatian serius dunia. Salah satu wujud keseriusan tersebut, dengan mendirikan Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Corona Virus Disease (Covid-19), Selasa (24/3/20).

Posko GTPP yang diresmikan langsung Bupati HM Syarif Hidayat bersama TNI, Polsus serta beberapa OPD Muratara itu berlokasi di Desa Simpang Nibung Rawas Kecamatan Rawas Ulu, terletak di perbatasan Kabupaten Muratara dan Kabupaten Sarolangun Jambi tersebut, nantinya berfungsi sebagai posko pencegahan dari masuknya Virus Corona ke Kabupaten Muratara.

Diungkapkan Juru Bicara GTPP Kabupaten Muratara, Siswanto Tunut, pendirian dan peresmian Posko GTPP Corona Virus Disease (Covid-19) merupakan langkah serius Pemkab Muratara dalam upaya pencegahan ditengah hangatnya masalah Covid-19 yang sekarang menjadi perhatian semua pihak.

“Hari ini bersama Bupati, TNI, Polisi dan beberapa OPD Muratara, kita meresmikan dan mulai bergerak melakukan pengecekan secara menyeluruh pengendara yang masuk ke Kabupaten Muratara. Terutama bagi pengendara yang datang dari luar daerah, yang singgah atau pulang kampung dan menginap di Kabupaten kita,” ungkapnya.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan nantinya Dinas Kesehatan bersama beberapa OPD yang tergabung dalam gugus tugas melakukan pemantauan secara berkala. Jika ada nanti orang, warga atau pengendara yang dilakukan pemantauan menunjukan kategori tidak aman atau suhu badan mencapai 38 derajat ke atas, maka yang bersangkutan masuk katagori Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Sementara Bupati Muratara HM Syarif Hidayat usai meresmikan posko menyampaikan, pendirian dan peresmian posko tersebut adalah sebagai langkah keseriusan Pemkab Muratara dalam antisipasi terhadap Covid-19 dan juga sebagai posko kemanusiaan.

“Kita harus ada tindakan tegas terhadap Covid-19, dan pemantauan atau pengecekan ini bukan rahazia terhaadap surat menyurat kendaraan pengendara atau yang lain-lain. Jadi saya meminta kerjasamanya bagi semua pihak dan masyarakat yang melintas untuk membantu, berhenti dan turun untuk dilakukan pengecekan,” ajaknya

Nanti dalam tugasnya, Posko GTPP akan melayani pengecekan kesehatan bagi masyarakat maupun pengendara yang melintas dalam masa tugas lebih kurang selama tiga bulan. “Kita lakukan pantauan sampai kondisi itu khususnya di Muratara umumnya Indonesia, benar-benar aman dan bersih dari Covid-19 itu. Untuk petugas di pokso ini terdiri dari tim Kesehatan, BPDB, dibantu pihak Kepolisian, Pol PP, Dishub dan TNI, yang berjumlahkan sebanyak 33 orang,” jelasnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here