Home Sumsel Pagaralam Seruan Bersama Rekomendasikan Salat Jumat Ditiadakan

Seruan Bersama Rekomendasikan Salat Jumat Ditiadakan

0

PAGARALAM, PE – Seruan bersama Pemerintah Kota Pagaralam, DPRD Kota Pagaralam, Polres, MUI, dan FKUB Kota Pagaralam terkait penyelenggaraan kegiatan keagamaan selama masa darurat penyebaran pandemi Virus Corona atau Covid-19, Senin (30/03) resmi dikeluarkan.

Rekomendasi tersebut merujuk ke arahan Presiden Republik Indonesia dan beberapa menteri, Keputusan MUI Pusat, Maklumat Kapolri, Surat Edaran Gubernur Sumsel, Surat Edaran Wali Kota Pagaralam, serta hasil rapat para pemangku kebijakan di atas pada 27 Maret lalu.

Dalam surat edaran tersebut, diterangkan lima poin terkait pelaksaan kegiatan keagamaan di tengah pandemi virus.

Dijelaskan dalam surat edaran itu, yakni sehubungan dengan rujukan tersebut dan melihat perkembangan Covid-19 semakin hari semakin meningkat baik dari sisi jumlah pasien maupun jumlah orang yang meninggal akibat serangan Corona Virus Disease, maka dengan ini diserukan kepada masyarakat hal-hal sebagai berikut pertama untuk sementara waktu tidak melakukan kegiatan keagamaan secara berjamaah, baik di tempat ibadah maupun tempat lain yang sifatnya mengumpulkan orang banyak.

Kedua, surat edaran itu meminta bagi Kaum Muslim untuk menggantikan Salat Jumat dengan Salat Zuhur di rumah masing-masing dan memperbayak zikir dan doa.
Lalu ketiga, azan tetap akan dikumandangkan sebagai tanda masuknya waktu salat. Keempat, tetap menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan serta sterilisasi tempat ibadah (Masjid, Musala, Gereja dan lain-lain).

Sedangkan yang kelima, Camat, Lurah, RW dan RT, supaya dapat menyampaikan kepada masyarakat di lingkungan masing-masing.

Surat edaran itu ditanda tangani langsung Wali Kota Pagaralam, Ketua DPRD, Kapolres Pagaralam, Ketua MUI, dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama.

Kapolres Pagaralam, AKBP Dolly Gumara membenarkan surat edaran tersebut. Ia mengimbau agar warga dapat mematuhi ketentuan tersebut. “Ini semata-mata demi kebaikan kita bersama,” tegas dia. KOE

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here