Home Pilihan Redaksi Ancaman Sengaja Berbuka Sebelum Waktunya

Ancaman Sengaja Berbuka Sebelum Waktunya

0

https://youtu.be/lDYGrhJG8-w

Oleh : Ustaz Eko Iswanto SH
Pengajar Ma’had Zaadul Maad Talang Jambe Palembang

KALAU kita ditanya apa hukum puasa Ramadan? Maka kita pasti menjawab hukumnya wajib, karena kita tahu dalilnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman di dalam Al Quran Surah Al Baqarah ayat 183 : Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kalian berpuasa di bulan Ramadan sebagaimana yang telah diwajibkan bagi orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.

Dengan dalil ini, kita tahu hukum puasa Ramadan adalah wajib, tapi masih banyak dari kita yang tidak berpuasa, yang masih dengan sengaja tidak puasa.

Ada ancaman yang sangat besar dari Allah Ta’ala dari hadis yang disampaikan Abu Umamah Al Bahili radiallahu anhu. Beliau mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, ketika aku tidur, datang dua laki-laki kepadaku. Maka kedua laki-laki tersebut membawa tanganku. Mereka berdua mengajakku ke suatu tempat yaitu sebuah gunung yang sangat terjal, yang sangat sulit didaki.

Kemudian kedua laki-laki tersebut mengatakan, “Naiklah!” Maka Rasulullah berkata, “Sesungguhnya aku tidak mampu. Sesungguhnya aku tidak sanggup untuk menaiki gunung yang sangat terjal ini.

Kedua laki-laki tersebut mengatakan, “Sesungguhnya kami akan memudahkannya untukmu.” Maka Rasulullahpun menaikinya. Sampai di pertengahan gunung yang sangat gelap gulita, tiba-tiba Rasulullah mendengar suara yang sangat besar suara yang sangat mengerikan. Maka beliau tanyakan kepada mereka berdua, “Suara apa ini?”

Kemudian mereka berdua menjawab, “Ini adalah teriakan-teriakan penghuni neraka.” Selanjutnya Rasulullah diajak ke tempat yang lain, tiba-tiba beliau mendapati kaum, yang mana kaum tersebut digantung dengan kakinya di atas terikat sedangkan kepalanya tergantung di bawah dan mulut mereka robek sampai ke pipi. Yang mana robekan tersebut mengalirkan darah yang banyak.

Lantas Abu Umamah Al Bahili bertanya kepada Rasulullah, “Siapa mereka ini?” Rasulullah menjawab, “Mereka adalah orang-orang yang sengaja berbuka puasa sedangkan belum tiba waktu berbuka.”

Betapa besar ancaman bagi orang yang sengaja berbuka sebelum tiba waktu berbuk dari Allah Ta’ala yang disampaikan Rasulullah. Tidak puasa satu hari di Ramadan, tidak bisa diganti dengan puasa satu tahun penuh. Kita sengaja berbuka di siang hari Ramadan tanpa uzur syar’i maka ancamannya akan digantung kaki kita, kemudian kepala kita mengalirkan darah dari belahan mulut kita.

Dari ancaman yang sangat mengerikan ini maka pantasnya kita bertakwa kepada Allah Ta’ala. Sebagaimana yang memang tujuan berpuasa Ramadan adalah melahirkan insan yang bertakwa. (*)

https://youtu.be/lDYGrhJG8-wCatatan: Tausiyah ini dapat anda saksikan dan simak secara lengkap di Youtube Channel Palpres Official.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here