Home Sumsel Muara Rupit Cegah Covid-19, Pemkab Muratara Salurkan APD untuk Seluruh Instansi Kesehatan

Cegah Covid-19, Pemkab Muratara Salurkan APD untuk Seluruh Instansi Kesehatan

0
Bupati Muratara HM Syarif Hidayat saat menyalurkan bantuan APD secara simbolis.

MURATARA, PE- Keseriusan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melalui Dinas Kesehatan dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19, ditunjukkan dengan menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk setiap intansi kesehatan diwilayah Kabupaten Muratara, Rabu (8/4/20).

Dipusatkan dihalaman Kantor Bupati Muratara, penyaluran bantuan perlengkapan APD untuk penanganan Covid-19 untuk 8 puskesmas dan RSUD Muara Rupit, dipimpin langsung Bupati Muratara, H.M Syaif Hidayat didampingi Ketua TP PKK Muratara bersama Kepala Dinkes Muratara.

Banntuan tersebut terdiri dari Handscoon, HandsRub, Vitamin C, Phavral (Multivitamin), Nowoven (Plaster), APD dan Public Safety Center (PSC), Desifektan dan Thermogun.

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat usai menyalurkan perlengkapan APB mengatakan, untuk setiap intansi kesehatan yang ada diwilayah Kabupaten Muratara, dia meminta selalu memantau setiap perkembangan dan gejala-gejala yang ada, khususnya terkait masalah Covid-19 disetiap wilayah kerja masing-masing, dan mengontrolnya.

“Karena saat ini Tim Kesehatan adalah garda terdepan dalam penanganan penyebaran Covid-19. Untuk itu kita untuk dapat mempertahankan Zero Virus Corona di Muratara, Pemerintah Daerah bukan hanya menyalurkan bantuan APD saja, tapi semuanya akan kita lakukan dan kita libatkan, termasuk Pemerintah Desa, dalam penahan Covid-19 ini,” ungkapnya.

Kepada masyarakat di Kabupaten Muaratara, dia mengimbau kiranya dapat mengikuti dan mentaati imbauan dan instruksi dari pemerintah, baik tingkat daerah maupun dari pemerintah serta Maklumat Kapolri, dalam pencegahan penyebaran Virus Corona.

“Kalau bisa dirumah saja, dan kalaupun harus berpergian wajib pakai masker, hindari keramaian dan usahakan untuk menjaga jarak 1 meter dari orang lain. Juga pola hidup bersih, dengan sering cuci tangan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinkes Muratara, Marlinda menyampaikan bahwa bantuan tersebut disalurkan untuk persiapan awal dalam pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19). Pihaknya juga saat ini telah melakukan pemesanan tambahan APD sebnyak 1000 set dan obat-obatan lainnya. Karena dalam pencegahan Covid-19 itu, menurut dia, sifatnya sesegera mungkin, sedang APD yang ada saat ini semua masih disediakan melalui pengunaan dana APBD Muratara.

Sementara untuk jenis bantuan dari Pemerintah Provinsi sendiri, lanjutnya, menurut dia, sampai saat ini baru berupa masker, dan dari Pemerintah Pusat, minggu depan akan datang APD.

“APD yang ada saat ini kita serahkan untuk setiap Kecamatan untuk upaya antisipasi, dalam melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona. Bila nanti ada masyarakat yang diketahui ada gejala Corona,” jelasnya.

Ditambahkannya, semua pihak di Muratara perlu untuk waspada. Karena di Lubuk Linggau yang merupakan kabupaten tetangga, sudah ada 1 pasien yang diyatakan positif Corona. Walaupun yang terjangkit tersebut, diketahui adalah warga datangan.

“Hal ini kita perlu waspadai, karena saat ini tidak sedikit masyarakat Muratara yang merantau ke luar daerah mulai akan pulang. Untuk itu diharapkan semua dapat mencegah penyebaran Virus Corona di Bumi Berselang Serundingan,” harapnya. SON.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here