Home Sumsel Muara Rupit Daftar Penerima Bantuan Dampak Sosek Covid-19 Telah Ditingkat Desa dan Kelurahan

Daftar Penerima Bantuan Dampak Sosek Covid-19 Telah Ditingkat Desa dan Kelurahan

0
Kepala Dinsos Muratara, Zainal Arifin

MURATARA, PE- Daftar warga terdampak Covid-19 baik sosial dan ekonominya yang akan menerima bantuan Pemkab Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melalui Dinas Sosial Kabupaten Muratara, saat ini telah masuk di tingkat Desa/Kelurahan. Proses selanjutnya, yakni dilakukan verifikasi kembali.

Tujuan verifikasi kembali oleh pemerintah Desa/ Kelurahan tersebut, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan meminimalisir kesalahan dalam pendataan, sebelum daftar nama penerima bantuan tersebut diumumkan untuk selanjutnya menerima bantuan Sosek Covid-19.

Kepala Dinsos Kabupaten Muratara, Zainal Arifin kepada Palembang Ekspres, senin (27/4/20) mengatakan, bantuan dampak sosial ekonomi saat ini sedang dalam proses verifikasi kembali ditingkat Desa/Kelurahan, sebagai langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan pendataan. Selanjutnya pemerintah Desa/ Kelurahan akan menempelkan daftar tersebut ditempat umum, di Desa/Kelurahan masing-masing.

“Kita membolehkan seandainya Kepala Desa atau Kelurahan itu melakukan perubahan data yang ada, kalau seandainya masyarakat yang mendapatkan tersebut tergolong mampu. Misalnya PNS, TNI, Polri atau mereka yang telah menerima bantuan PKH, BPNT atau Penerima Manfaat lainnya, itu boleh dicoret dan diganti,” ungkapnya.

Dijelaskannya, untuk total penerima bantuan Sosek Covid-19 sebelumnya pihaknya mengajukan sebanyak 20.100 Kepala Keluarga (KK) dan saat ini dapat direalisasikan sebanyak 20.300 KK oleh Pemerintah Kabupaten Muratara. Bila cepat proses verifikasi kembali oleh tingkat Desa/Kelurahan, dia mengatakan, secepatnya bantuan itu akan pihaknya salurkan.

“Nantinya setelah mereka (Kades/Lurah) telah selesai melakukan verifikasi, silahkan ditempel ditempat umum, tidak perlu dikembalikan lagi dan mereka cukup memberikan kabar saja, maka bantuan itu akan segera kita salurkan. Jadi untuk yang telah menerima bantuan manfaat lain seperti BPNT atau PKH, kiranya jangan jadi keributan saat yang lain menerima bantuan ini. Karena semua sudah sesuai Juknis dan Juklak Kemensos,” sampainya.

Dia berharap kepada semua unsur, kiranya dapat melakukan pendataan dengan baik agar semuanya aman. Sehingga pihaknya juga nyaman menerima data yang benar tersebut, karena semua data itu masuknya dari bawah.

“Kami selalu berupaya yang terbaik untuk masyarakat. Ayo kita sama-sama melakukan pendataan yang baik, agar penerima bantuan itu adalah yang memang benar-benar membutuhkan sesuai peruntukkannya. Juga jangan tebang pilih dalam pendataan,” harapnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here