Home Advertorial Pemkab Siapkan Dana Rp 30,5 M untuk Bantu Warga Terdampak Corona

Pemkab Siapkan Dana Rp 30,5 M untuk Bantu Warga Terdampak Corona

0
Bupati OKU Timur, H Kholid Mawardi

MARTAPURA,PE-Antisipasi penanganan dampak Virus Corona (Covid-19), terus dilakukan Pemerintah Kabupaten OKU Timur dengan berbagai cara. Termasuk terhadap dampak sosial ekonomi, yang dialami masyarakat.

Setelah mengalokasikan anggaran tahap awal Rp14 Milyar lebih guna percepatan penangganan Covid 19, Bupati OKU Timur H Kholid Mawardi dalam rapat baru-baru ini kembali menyampaikan, sudah ada skema revisi anggaran yang nilainya mencapai Rp30 Milyar untuk penanganan Covid-19.

Bupati OKU Timur H Kholid Mawardi saat memberikan masker kepada warga.

Dalam dana Rp 30 Milyar tersebut, ada untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD), alat rapid test, swab tes dan bantuan untuk kebutuhan pokok warga yang terdampak dari Virus Covid 19.

“Awalnya Rp14,6 Milyar. Namun anggaran itu ditambah sebesar Rp15 Milyar, sehingga total anggaran untuk penanganan virus Corona menjadi Rp30,532,231,300.00. Penambahan ini setelah dilakukan rapat antara Pemkab dan DPRD OKU Timur. Penambahan anggaran ini bukti Pemkab dan DPRD OKU Timur serius, dalam menangani Covid-19,”ungkap Bupati OKU Timur H Kholid Mawardi didampingi Kasubag Humas Pemkab OKU Timur,Zullahmi Wahyu Nugrahadi, S.STP.

Peserta rapat penanggulangan Covid 19 yang digelar Pemkab OKUT tampak serius menyimak materi rapat.

Dijelaskan Bupati, wabah Virus Corona secara tidak langsung menimbulkan dampak negatif terhadap sosial ekonomi masyarakat. Soalnya, banyak masyarakat menjadi miskin, UMKM dan kredit macet dikarenakan masyarakat harus membatasi aktivitas diluar rumah.

Untuk itu, dirinya memperhatikan keluhan masyarakat dengan cara menyiapkan anggaran bantuan sosial ekonomi. Hanya saja bentuk bantuan tersebut masih dalam pembahasan, apakah dalam bentuk uang, bantuan bahan pokok atau yang lainnya.

Bupati OKU Timur H Kholid Mawardi saat memimpin rapat Covid 19 bersama jajaranya

“Bentuk bantuannya belum ditentukan, Dinas Sosial masih mendata jumlah masyarakat yang terdampak akibat wabah Covid-19,” tuturnya.

Sementara Dinsos OKU Timur dalam penanganan Covid-19 Dinsos melayani masyarakat yang berdampak Covid ini, dengan menyerap permintaan warga yang mengeluh dari dampak ini.

Bupati OKU Timur H Kholid Mawardi didampingi Kasubag Humas Pemkab OKU Timur,Zullahmi Wahyu Nugrahadi, S.STP. saat membuka acara pembagian masker dan tempat air cuci tangan saat acara PMI OKU Timur Berbagi.

Melalui TKSK dan pendamping sosial lainnya, meminta data dari desa untuk mendata warganya yang kena dampak ini. Akhirnya terkumpul lah data sebanyak 23.058 warga se Kabupaten OKU Timur. Di samping itu, Dinsos juga mempersiapkan dapur umum jika nantinya memang diperlukan.

Selain itu Dinsos dalam penangganan fakir miskin dalam data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), di dalamnya terdapat 62 998 KK. Dalam hal ini pemerintah memberi Bansos sejumlah 32. 458 KK, yang terdiri dari KPM PKH dan Program Sembako.

Bupati OKU Timur H Kholid Mawardi saat memberikan tempat air cuci tangan kepada warga Martapura, saat acara PMI OKU Timur Berbagi.

“Kedepan ini sesuai Instruksi Presiden, melalui Kemensos dari DTKS yang tidak mendapat Bansos akan diberi bantuan dari bulan April sd Juni sebesar Rp. 600 000/ KK. Juknisnya masih dalam proses, mudah- mudahan dalam waktu dekat masyarakat segera mendapat bantuan tersebut,”ungkap Kabid Penanganan Fakir Miskin, Selamet. NIA/ADV

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here