Home Sumsel Muara Rupit Ratusan Santri Program Pemkab Muratara Dipulangkan

Ratusan Santri Program Pemkab Muratara Dipulangkan

0
Ratusan Santri asal Kabupaten Muratara yang dipulangkan, saat berada di Bandara SMB II beberapa waktu lalu

MURATARA, PE- Ditengah Pandemik wabah virus Corona (Covid-19) yang menjadi perhatian semua pihak, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) memulangkan ratusan santri. Para santri itu, bagian dari santri Program Pemkab Muratara yang mondok diluar daerah.

Demi menyelamatkan generasi muda Muratara dari penyebaran Covid-19, terhitung dalam satu bulan terakhir ratusan santri asal Kabupaten Muratara mulai tingkat MI, MTs hingga MA yang mondok di Jawa dan Sumatra Barat, telah dijemput dan dipulangkan ke rumahnya masing-masing.

Kebag Kesra Setda Muratara, Yallasri kepada awak media beberapa waktu lalu mengatakan, memang benar saat ini anak-anak santri yang dikirim mondok ke Jawa dan Sumatera Barat seperti di Ponpes Al-Min Madura, Jombang, Tawaif Padang dan beberapa ponpes lainnya diluar Kabupaten Muratara, telah pihaknya jemput pulang ke Kabupaten Muratara.

Dalam pemulanaygan sementara terkait Covid-19 itu, pihaknya menjemput para santri tersebut dibandara menggunakan Bus Pemda Muratara, bersama tim Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan anak yang baru pulang dari daerah-daerah tempat mereka mondok.

Dilanjutkan Yallasri, untuk jumlah santri yang pihaknya pulangan saat ini lebih kurang berjumlah 300 orang. Terkait kesehatannya, semuanya telah dilakukan periksaan oleh tim kesehatan dan hasilnya semua dalam keadaan baik, dan tidak ada satupun yang sakit ataupun ada gejala Covid-19.

“Saat ini semua santri-santri yang dipulangkan telah berada dirumahnya masing-masing, namun masih terus dilakukan pemantauan kesehatan mereka oleh tim kesehatan dari setiap desa,” ungkapnya.

Ditanya alasan kenapa dipulangkan, dia mengungkapkan, langka pemulangan santri program Pemkab Muratara tersebut sesuai dengan instruksi Pemerintah Pusat, bahwa anak-anak yang sekolah itu kegiatan belajarnya dialihkan ke rumah masing-masing. Namun di rumah mereka harus tetap belajar, baik melalui online atau via WhatsApp.

Terpisah, Sekda Muratara, Alwi Roham saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa ratusan santri asal Kabupaten Muratara yang dikirim mondok untuk tingkat MI hingga MA diluar Kabupaten Muratara, saat ini telah pihaknya pulangkan. Itu dilakukan, demi kesehatan dan pencegahan penyebaran Virus Corona di Bumi Beselang Serundingan.

“Hal ini perlu kami lakukan, dan untuk keberangkatan kembali belum dapat dipastikan kapan mereka akan kembali dipondokan. Semua akan kami lakukan setelah kondisi sudah kondusif, dan adanya petunjuk dan maklumat dari Kementerian serta Pemerintah Pusat,” sampainya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here