Home Headline News Tambah 4 Kasus Baru, Corona di Sumsel Masih Terkendali

Tambah 4 Kasus Baru, Corona di Sumsel Masih Terkendali

0
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri, saat memberikan keterangan pers secara live streaming, Minggu (5/4).

PALEMBANG, PE – Sebanyak 16 kasus positif Corona di Sumatera Selatan hingga Minggu (5/4), dengan adanya penambahan empat kasus baru. Namun begitu, secara keseluruhan kasus Covid-19 di Provinsi ini masih terkendali.

“Sebagaimana telah diumumkan oleh Juru Bicara Satgas Nasional, saat ini total kasus positif di Sumsel sebanyak 16 orang. Ada penambahan empat kasus baru,” kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumsel Yusri dalam keterangan pers secara live streaming, Minggu (5/4).

Ia merinci empat tambahan kasus positif Corona di Sumsel. Yakni pasien kasus 13 umur 28 tahun berjenis kelamin laki-laki, yang merupakan warga Lubuk Linggau, dengan status kasus impor. Lalu kasus 14 umur 40 tahun, laki-laki, warga Palembang, dengan status kasus impor.

“Kasus 15 umur 54 tahun, perempuan, domisili di OKU. Status kasus local. Jadi ada transimisi lokal di Kabupaten OKU. Kasus 16 umur 61 tahun. Jenis kelamin perempuan. Alamat juga di OKU. Status kasus lokal,” tuturnya.

Orang dalam pemantauan (ODP) di Sumsel, ia mengatakan, sebanyak 1643 orang. ODP selesai pemantauan 574 orang. ODP dalam proses pemantauan 1069 orang. Sedangkan Pasien dalam pengawasan (PDP) sampai hari ini 44 orang. Jumlah PDP negatif Covid-19 sebanyak 28 orang dan sudah pulang.

“Masih dirawat 16 orang. Penambahan PDP baru hari ini satu orang,” tukasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ODP dan PDP dilakukan pemeriksaan sampel di laboratorium. Jumlah sampel yang diperiksa 107 orang. Jumlah sampel positif 16 orang, sampel negatif 63 orang. Dan ada 28 sampel yang masih dalam proses pemeriksaan.

Sebagaimana imbauan Gubernur Sumsel H Herman Deru, ia mengatakan, masyarakat diminta untuk tidak panik terkait penambahan kasus positif Corona di Sumsel. Sebab kasus baru ini muncul lantaran kontak keluarga.

“Jadi yang transmisi lokal tadi kontak keluarga. Sampai hari ini kita masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium, untuk melihat apakah ada kasus baru yang kontak selain keluarga,” ucapnya.

Ia mengatakan, kasus Corona di Sumsel masih terkendali. Sebab kasus baru masih sebatas kontak keluarga.

Dikatakannya, Virus Corona adalah penyakit baru yang belum ada obatnya. Hanya daya tahan tubuh yang baik, yang bisa melawannya. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan masyarakat untuk memiliki imunitas tubuh yang bagus.

“Caranya dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah. Makan makanan yang bergizi. Tidak indentik dengan yang mahal. Tapi yang banyak gizinya. Lalu istirahat yang cukup, olahraga teratur. Dan terpenting tidak stress. Makanya kami imbau warga tidak panik dalam menghadapi penyakit ini. Sebab kalau panik bisa menurunkan daya tahan tubuh,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pasien ke-12, yang merupakan warga Palembang mencatatkan diri sebagai orang pertama di Sumsel, yang sembuh dari penyakit ini. Sementara kasus yang meninggal masih dua orang, yakni pria berusia 54 tahun, warga Kota Palembang. Dan dr Efrizal Syamsudin, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih. Keduanya meninggal dunia di hari yang sama pada Senin, 23 Maret 2020, di RSMH Palembang. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here