Home Konsultasi Mengambil Kembali Tanah Hibah

Mengambil Kembali Tanah Hibah

0

Assalamualaikum, ayah saya sudah meninggal. Dulu, tanahnya seluas 20 meter dikasihkan (hibah) kepada temannya. Saat itu saya masih berusia 12 tahun, sehingga belum mengerti atas pemberian ayah saya kepada temannya tersebut. Pertanyaan saya, apa bisa saya mengambil kembali tanah seluas 20 meter yang dihibahkan ayah saya kepada temannya tersebut. Tolong penjelasannya ya, Pak. Terima kasih.

Adelia Putri Saleh

Hibah merupakan salah satu bentuk peralihan hak atas tanah selain jual beli, waris dan wakaf. Menurut pasal Pasal 1666 ayat 1 Kitab Undang-undang Hukum Perdata, definisi hibah adalah suatu persetujuan dimana si penghibah, pada waktu hidupnya dengan cuma-cuma dan tidak dapat ditarik kembali, menyerahkan suatu benda guna keperluan si penerima hibah.

Adapun unsur-unsur perdata dalam hibah antara lain:

1.Perjanjian dalam hibah adalah pemberian dengan cuma-cuma, artinya pemberian itu harus dengan sukarela tanpa pamrih.

2.Hibah tidak dapat ditarik kembali, artinya ketika pemberi hibah ingin menghibahkan benda yang menjadi hak miliknya, maka harus ada penerimaan secara sukarela dari penerima hibah. Selain itu, harta hibah ini juga tidak dapat ditarik atau dikembalikan. Jadi harus ada persetujuan di antara pemberi hibah dan penerima hibah.

3.Pemberian hibah harus dilakukan semasa hidup, jadi proses hibah harus terjadi saat pemilik harta hibah masih hidup.

4.Dalam proses peralihan atau pemindahan hak atas tanah karena hibah, pihak yang mengalihkan harus mempunyai hak dan kewenangan untuk memindahkan hak. Di mana pihak yang menerima hak juga harus memenuhi syarat sebagai pemegang hak atas tanah yang baru.

Dari unsur-unsur diatas maka hibah tidak dapat ditarik kembali oleh ahli waris pemberi hibah. Hak milik atas tanah tersebut telah menjadi hak sepenuhnya penerima hibah karena pemberi hibah telah menyerahkan tanah tersebut semasa hidup. Demikian dapat kami jelaskan. (Pengasuh)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here