Home Internasional Perayaan Hari Eropa Diwarnai 2 Acara Virtual Soroti Kemitraan yang Kuat antara...

Perayaan Hari Eropa Diwarnai 2 Acara Virtual Soroti Kemitraan yang Kuat antara Uni Eropa dan ASEAN

0
Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN H. E. Igor Driesman.

JAKARTA, PE – Duta Besar Uni Eropa untuk Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of South East Asian Nationa (ASEAN) Igor Driesmans meluncurkan EU-ASEAN Blue Book 2020, publikasi tahunan Uni Eropa mengenai kerjasama dengan ASEAN, dalam acara yang diselenggarakan secara daring (dalam jaringan). Peluncuran publikasi ini merupakan bagian dari perayaan Hari Eropa tahun ini.

EU-ASEAN Blue Book tahun ini mengusung tema “Natural Partners” (Kemitraan Alami) yang mencerminkan hubungan yang semakin kuat antara Uni Eropa dan ASEAN – dua blok regional yang paling maju di dunia. Dengan kemitraan yang telah terjalin lebih dari 40 tahun, Uni Eropa dan ASEAN berkomitmen untuk bersama-sama mengatasi tantangan global, termasuk krisis kesehatan saat ini, perubahan iklim, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), dan perlindungan lingkungan hidup serta mempertahankan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

“Pada Hari Eropa, kami merayakan pencapaian kerjasama regional kami di Uni Eropa dan bersama dengan mitra kami. Walau saat ini kita menghadapi keadaan sulit, saya bersyukur dapat merayakan Hari Eropa bersama dengan mitra kami di ASEAN dalam suasana maya. Dalam mengatasi tantangan global yang kita hadapi, kebersamaan sangatlah penting. Kami berharap dapat terus melanjutkan dialog Uni Eropa dengan ASEAN dan memperkuat kerjasama kami yang sejalan dengan European Green Deal (Kesepakatan Hijau Eropa), untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan mengatasi pandemi virus corona di kawasan ini,” beber Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN Igor Driesmans dalam siaran persnya, Jumat (8/5).

Dalam beberapa pekan terakhir sambung Driesmans, Uni Eropa telah memberikan 350 juta euro untuk mengurangi dampak pandemi virus corona di kawasan ASEAN. Dana tersebut akan digunakan untuk membantu upaya setiap negara dan pada tingkat regional dalam mengatasi krisis kesehatan, memperkuat sistem kesehatan dan mengurangi dampak ekonomi dan sosial dari pandemik ini.

Sejak 2014 masih kata Driesmans, Uni Eropa telah mendukung integrasi regional ASEAN dengan memberikan lebih dari 200 juta euro untuk penanganan masalah lintas sektoral seperti mitigasi perubahan iklim, lingkungan dan kesetaraan gender. Uni Eropa juga telah memberikan lebih dari 2 miliar euro untuk mendukung kerjasama bilateral dengan masing-masing negara anggota ASEAN.

Selain ini, terdapat juga bantuan yang diberikan oleh negara-negara anggota Uni Eropa untuk negara-negara ASEAN. Kerjasama terbaru Uni Eropa dengan ASEAN meliputi Dialog Tingkat Tinggi Uni Eropa-ASEAN pertama mengenai Lingkungan dan Perubahan Iklim.

Kemudian peluncuran program Pemanfaatan Lahan Gambut dan Mitigasi Asap Berkelanjutan di ASEAN (SUPA), dialog Uni Eropa-ASEAN ketiga tentang Hak Asasi Manusia, peluncuran Dukungan Uni Eropa untuk AHA Centre, dialog ASEAN-Uni Eropa kedua tentang Pembangunan Berkelanjutan, peluncuran inisiatif baru yang sejalan dengan European Green Deal, mendukung investasi berkelanjutan (melalui ASEAN Catalytic Green Finance Facility), dan dialog mengenai konsumsi dan produksi berkelanjutan (dalam kemitraan dengan Pusat Studi dan Dialog Pembangunan Berkelanjutan ASEAN).

Menurut Driesmans, program baru tahun ini akan mendukung urbanisasi berkelanjutan (Smart Green ASEAN Cities). Selain program-program di atas, tiga inisiatif unggulan Uni Eropa masih terus memperkuat dialog Uni Eropa-ASEAN (E-READI), integrasi ekonomi regional (ARISE+), dan harmonisasi pendidikan tinggi di kawasan ASEAN (EU SHARE). Kegiatan yang dilaksanakan sepanjang tahun lalu mendukung beragam bidang seperti ekonomi digital, pendaftaran merek dagang regional, ekonomi sirkular untuk plastik, dan Visi Pendidikan Tinggi ASEAN 2025.

Bersamaan dengan peluncuran maya Blue Book dan situs web terkait, Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN juga akan mengadakan diskusi daring dengan para pemuda-pemudi ASEAN pada Sabtu (9/5) mengenai hubungan Uni Eropa-ASEAN, sebagai bagian dari perayaan Hari Eropa.

“Kami berharap bahwa penciptaan situs web ‘EU in ASEAN’ kami yang baru membuka kesempatan pada setiap orang di kawasan ASEAN untuk mendapatkan informasi dengan mudah mengenai kerjasama dan kemitraan yang kuat antara Uni Eropa dengan ASEAN,” tukas Driesmans. RIL

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here