Home Headline News 322 Orang Positif Covid-19 di Sumsel

322 Orang Positif Covid-19 di Sumsel

0
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel Yusri, SKM dalam keterangan persnya, Rabu (13/5).

PALEMBANG, PE – Penambahan kasus baru positif Virus Corona di Provinsi Sumatera Selatan pada Rabu (13/5) melonjak 43 orang. Sudah, total yang terinfeksi virus ini menjadi 322 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel Yusri, SKM dalam keterangan pers mengatakan, kasus baru tersebut dimulai dari nomor kasus 280 sampai 322. Mereka tersebar di Kota Palembang, OKU, OKI, Banyuasin, dan Lubuklinggau.

“Kasus tersebut ada beberapa yang impor. Lebih banyak transmisi lokal. Tiga orang kasus impor, yakni dari OKI 1 orang dan OKU 2 orang. Dan dalam penyelidikan ada tiga kasus, yakni di OKU,” katanya, Rabu (13/5).

Sampel yang diperiksa di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang sampai hari ini, ia mengatakan, sebanyak 2012 orang. Dengan rincian, orang tanpa gejala (OTG) 1536 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 392 orang, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 84 orang.

“Rincian dari sampel yang diperiksa. Sampel positif 322 orang, sampel negatif 269 orang, masih dalam proses pemeriksaan 1421 orang,” ujarnya.

ODP di Sumatera Selatan hingga hari ini sebanyak 4994 orang, ODP selesai dipantau sebanyak 3692 orang, ODP masih dalam pemantauan 1302 orang.

Adapun PDP keseluruhan sebanyak 337 orang, PDP selesai pengawasan 167 orang, proses pengawasan 198 orang, penambahan PDP hari ini 10 orang.

Kasus konfirmasi sembuh hari ini ada tambahan tiga orang dari Palembang. Sehingga total kasus sembuh di Sumsel sebanyak 73 orang. Yang meninggal sampai hari ini tetap sembilan orang, tidak ada penambahan.

Menyikapi penambahan signifikan kasus positif Corona di Sumsel, masyarakat diimbau tidak perlu panik. Sebab yang terpapar ini merupakan keluarga dan sahabat, yang kontak dengan kasus positif sebelumnya.

“Ini bukan hasil survei yang didapat di pasar-pasar, yang sumber penularannya tidak jelas. Ini sumber penularannya jelas. Adalah orang yang kontak atau keluarga dari pasien positif. Mereka ini telah dikarantina, baik secara mandiri maupun diisolasi khusus yang disediakan kabupaten, kota, maupun provinsi,” tukasnya.

Untuk itu, ia meminta masyarakat tetap disiplin menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. Karena itulah cara untuk menghentikan penularan virus Corona di masyarakat.

“Dengan disiplin bersama, kita bisa menghentikan penyebaran virus ini,” pungkasnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here