Home Headline News Kasus Baru Positif Covid-19 ‘Meledak’ di Sumsel

Kasus Baru Positif Covid-19 ‘Meledak’ di Sumsel

0

Hari Ini Tambah 119 Orang

PALEMBANG, PE – Total positif terpapar Virus Corona di Provinsi Sumatera Selatan mencapai 441 orang, atau menjadi yang terbanyak di Pulau Sumatera dan sepanjang penyebaran kasus Corona di Sumsel sejak pertengahan Maret lalu. Pada Kamis (14/5) terjadi tambahan kasus baru Corona di Sumsel sebanyak 119 orang.

“Kasus konfirmasi positif baru per 14 Mei 2020 di Sumsel sebanyak 119 orang. Dimulai dari kasus nomor 323 sampai kasus nomor 441. Ada yang berasal dari Palembang, Muaraenim, Banyuasin, Ogan Ilir, OKI, Lubuklinggau, Prabumulih, dan OKU Timur. Paling banyak dari Kota Palembang, dengan status kasus transmisi lokal,” kata Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel Dr Nur Purwoko Widodo, M.Epid dalam keterangan pers, Kamis (14/5).

Sedangkan kasus konfirmasi sembuh total 73 orang. Terdiri dari Kabupaten OKI 2 orang, Palembang 51 orang, OKU 4 orang, Pagar Alam 1 orang, Prabumulih 4 orang, Lubuklinggau 3 orang, Banyuasin 1 orang, Musi Banyuasin 2 orang, Muaraenim 1 orang, Ogan Ilir 2 orang, dan luar Sumsel 2 orang.

Pada hari ini, ia melanjutkan, tidak ada penambahan kasus sembuh. Sedangkan total kasus meninggal sepuluh orang. Terdiri dari 2 orang dari Palembang, 1 orang dari OKU Timur, 1 orang dari Banyuasin, 2 orang Prabumulih, 1 orang dari OKI, 1 orang dari Muaraenim, satu orang dari Musi Rawas, dan satu orang dari Ogan Ilir.

“Pasien meninggal pada hari ini ada satu orang, yang berasal dari Prabumulih,” ucapnya.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumatera Selatan hingga hari ini sebanyak 5047 orang, ODP selesai pemantauan 3685 orang, ODP masih dalam pemantauan 1362 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) keseluruhan sebanyak 331 orang, PDP selesai pengawasan 170 orang, PDP masih dalam proses pengawasan 161 orang.

Jumlah sampel yang diperiksa di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang sebanyak 2152 orang. Terdiri dari 1661 sampel Orang Tanpa Gejala (OTG), 407 sampel PDP, dan 84 sampel ODP. Jumlah sampel positif 441 sampel, jumlah sampel negatif 269, dan masih dalam proses pemeriksaan 1442.

“Kita sungguh sangat prihatin dengan besarnya kasus positif baru pada hari ini. Jadi sekali lagi kami mengimbau masyarakat untuk jaga jarak atau physical distancing, karena itu adalah kunci pengendalian penyebaran Covid-19,” tukasnya.

Ia juga mengajak masyarakat membiasakan diri berperilaku hidup bersih dan sehat, hindari kerumunan, tidak keluar rumah jika tidak perlu, dan pakailah masker apabila harus keluar rumah.

“Semoga dengan banyaknya kasus ini dapat menjadi pertimbangan dari Gugus Tugas, utamanya di Kota Palembang, dalam pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), yang akan datang,” ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang ini.

Ia menegaskan bahwa sumber penularan masih dari kasus positif sebelumnya. Penelusuran kontak pun dilakukan terhadap orang-orang, yang kontak dengan kasus positif tersebut.

Secara nasional, penambahan kasus positif di Indonesia mencapai 568 orang sehingga total menjadi 16.006 orang hingga hari ini. Data tersebut diambil dari hasil uji 173.690 spesimen kepada 127.813 orang yang dilakukan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di 68 laboratorium.

Sedangkan jumlah pasien yang sembuh dinyatakan meningkat menjadi 3.518 orang, setelah ada penambahan sebanyak 231 orang yang bebas dari COVID-19. Jumlah tersebut sekaligus menjauhi angka kematian pasien per hari ini, Kamis (14/5), sebanyak 1.043 orang setelah ada penambahan sebanyak 15 orang meninggal dunia. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here