Home Sumsel Muara Rupit 17 Masyarakat Muratara Terkonfirmasi Positif Covid-19

17 Masyarakat Muratara Terkonfirmasi Positif Covid-19

0
Data Persebaran Covid-19 di Kabupaten Muratara

MURATARA,PE- Biro Humas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), melalui keterangan persnya kepada awak media (20/5/20) dan dari informasi website http://covid19.muratarakab.go.id/. terkait data persebaran Covid-19 di Kabupaten Muratara, mengeluarkan data bahwa sebanyak 17 orang masyarakat di Kabupaten Muratara terkonfirmasi Positif COVID-19.

Dari data tersebut diinformasikan adanya penambahan jumlah masyarakat yang terjangkit Covid-19. Dari sebelumnya hanya 2 orang menjadi 19 orang. Disampaikan Biro Humas GTPP Covid-19 di Kabupaten Muratara, terdapat kaitan erat dari Cluster (kelompok) yang telah terjangkit sebelumnya diantaranya, seperti kontak hubungan keluarga.

Juru Bicara (Jubir) Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Muratara, Susyanto Tuntut menyampaikan, dari data penambahan tersebut bahwa terdapat kaitan erat dalam satu Cluster (kelompok) yang terjangkit. Seperti: K-01, K-03, K-04 merupakan Anak, Ayah dan Ibu, kemudian K-07 dan K-08 merupakan Anak-Ibu. Hal ini menunjukkan bahwa kontak antara terjangkit dengan orang lain dalam satu keluarga, sangat besar peluangnya. Demikian juga K-18 dan K-19, memiliki hubungan menantu-mertua.

Oleh karena, dia mengimbau masyarakat tersebut untuk sukarela dan ikhlas mengikuti isolasi (karantina), yang dilakukan oleh TIm GTPP Covid-19 Kabupaten Muratara, sehingga penularan dapat dihindari. “Jika kita sayang dengan keluarga, masyarakat harus rela untuk mengikuti karantina. Selanjutnya kita telah mengambil langkah-langkah tracking dengan mendatangi rumah OTG, dan mendata kemungkinan kontak erat dengan OTG selama beberapa waktu terakhir,” sampainya.

Lanjutnya, data yang pihaknya dapatkan dari hasil tracking menunjukkan ada 64 anggota keluarga, yang diduga kontak erat dengan Orang Tanpa Gangguan (OTG) dan 34 orang diantaranya sudah dilakukan pengambilan sampel Swab Tes. Untuk sisanya akan segera dilakukan, dan langkah lainnya dilakukan penyemprotan disinfektan disekitar rumah OTG yang positif. Kepada semua keluarga, diharapkan bantuan dan kerjasama.

“Untuk masyarakat sekitar yang merasa pernah kontak dengan para OTG yang hasil pemeriksaan Swab Testnya positif dalam waktu 14 hari terakhir, untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan jika diperlukan dilakukan Rapid Test maupun Swab Test. Kepada masyarakat juga diimbau agar tetap tenang, tidak panik dan bersama sama mendukung pasien dan keluarganya. Karena Covid-19 bukan aib, sehingga penderitanya tidak perlu dibenci atau direndahkan, malah sebaliknya harus diberi dukungan agar bersedia dikarantina atau isolasi mandiri”, harapnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here