Home Konsultasi Menuntut Tetangga yang Merugikan

Menuntut Tetangga yang Merugikan

0

Redaksi Yth.

Saya mohon pencerahan soal tetangga saya yang memiliki usaha kos-kosan persis di sebelah rumah saya yang kerap membuat masalah bagi saya.

Masalah pertama, penghuni kos-kosan tetangga saya itu kerap pakir kendaraan sembarangan di depan gerbang rumah saya. Saya sampai kesulitan untuk keluar masuk rumah sendiri. Hal itu sudah berulang kali saya ingatkan, tapi tetap saja terulang.

Bukan hanya itu, masalah baru pun muncul belakangan hari. Air kamar mandi dari lantai dua kos-kosan itu merembes ke ruang tamu saya, hingga merusak wallpaper. Keluhan ini juga sudah saya sampaikan ke pemilik kos-kosan, tapi sepertinya tak ada niat baik darinya.

Pertanyaan saya, apakah bisa saya menuntut secara hukum terhadap kasus tersebut. Apakah bisa saya laporkan ke polisi, atau gugat perdata atas kerugian yang saya alami. Terima kasih.

Wawan, Plaju

Sdr Wawan, yang pasti pemilik kos-kosan dapat digugat secara hukum yaitu Hukum Perdata dengang alasan sebagai berikut, yakni pemilik kos-kosanan memarkirkan mobil sembarangan, apalagi sampai menghalangi jalan menuju keluar masuk ke rumah tetangganya sendiri, itu merupakan perbuatan melawan hukum.

Bagaimana seandainya tetangganya tersebut ada yang mengalami musibah misalnya kebakaran dan lain-lain sehingga ingin cepat keluar atau masuk rumah ini pasti terhalang dengan adanya parkir tersebut, ini berarti sdah merugikan orang lain.

Permasalahan kedua, adanya rembesan air dari lantai dua kamar mandi milik kos-kosan ke ruangan tamu apalagi sampai merusak wallpaper, ini sangat merugikan sekali, baik kerugian moril akibat bau air dari kamar mandi tersebut maupun kerugian materil berupa kerusakan wallpaper yang ada di ruang tamu anda tersebut.

Dari kedua kejadian tersebut sudah jelas bahwa anda selaku tetangga kos-kosan dimaksud, mengalami kerugian berupa kerugian moril dan kerugian materil. Dengan demikian pemilik kos-kosann dapat digugat secara Hukum Perdata dengan gugatan perbuatan melanggar hukum (Onrechmatigdaad) sebagaimana dimaksud Pasal 1365 KIHPerdata.

Pasal 1365 KHPerdata isinya:
Tiap perbuatan melanggar hukum yang membawa kerugian kepada seseorang lain, mewajibkan orang yang karena salahnya menerbitkan kerugian itu, mengganti kerugian.

Demikian jawaban saya, dan terima kasih.

H.Rohman Hasyim, SH, MH (Advokat dan Wakil Ketua 3 STIHPADA)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here