Home Headline News Jelang PSBB, Kasus Positif Corona di Sumsel Tambah 60 Orang

Jelang PSBB, Kasus Positif Corona di Sumsel Tambah 60 Orang

0
Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri, SKM, saat update kasus Covid-19 di Sumsel. Foto: Humas Pemprov Sumsel.

PALEMBANG, PE – Menjelang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Palembang dan Prabumulih, kasus baru positif terpapar Virus Corona atau Covid-19 terus bertambah di Provinsi Sumatera Selatan.

Pada Selasa (19/5), Sumsel mendapat penambahan kasus baru sebanyak 60 orang, yang tersebar di Palembang, Muara Enim, Lubuklinggau, Ogan Ilir, dan Musi Rawas. Sehingga total yang terpapar sebanyak 597 orang.

“Masyarakat diimbau tidak perlu panik dengan penambahan kasus baru Covid-19. Sebab penularan masih seputar keluarga dan orang terdekat, yang pernah kontak dengan kasus positif sebelumnya,” kata Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri, SKM.

Ia mengimbau masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah. Yakni memakai masker apabila keluar rumah, seringlah cuci tangan, jaga jarak, dan tingkatkan daya tahan tubuh.

“Lakukan anjuran pemerintah ini secara bersama-sama. Sehingga rantai penularan virus dapat terputus,” ujarnya.

Jumlah pasien yang sembuh pada hari ini sebanyak empat orang. Sehingga total yang sembuh menjadi 77 orang. Empat pasien sembuh berasal dari Palembang.

Sedangkan penambahan kasus meninggal dua orang. Yakni kasus 348 dan 586. Keduanya dari Kota Palembang. Mereka dimakamkan di TPU Sungai Lacak, Kecamatan Gandus, Palembang. Total yang meninggal sampai saat ini sebanyak 18 orang.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumsel sebanyak 5439 orang, ODP selesai dilakukan pemantauan sebanyak 4021 orang, masih dilakukan pemantauan 1418 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 383 orang. PDP selesai dilakukan pengawasan 177 orang, masih dalam proses pengawasan atau masih dirawat di rumah sakit sebanyak 206 orang.

Sampel yang diperiksa di Balai Besar Laboraotorium Kesehatan (BBLK) Palembang pada hari ini sebanyak 2434 sampel. Dengan rincian, Orang Tanpa Gejala (OTG) 1845 sampel, PDP 474 sampel, dan ODP 115 sampel.

Jumlah sampel positif sebanyak 597 orang. Jumlah sampel negatif 293 sampel, masih dalam proses 1544 sampel.

Terkait penambahan zona merah baru, ia mengatakan, masih dalam pembahasan. Kemungkinan Kabupaten Ogan Ilir dan Musi Rawas. “Masih akan kita bahas dalam beberapa hari ke depan,” ujarnya.

Mulai besok, Rabu (20/5), Pemerintah Kota Palembang akan menerapkan PSBB sebagai bentuk langkah tegas guna menekan dan mencegah penyebaran Covid-19.

Draft Peraturan Wali Kota (Perwali) yang mengatur pembatasan fisik dan sanksi diklaim sudah selesai, dan tinggal menunggu persetujuan Gubernur Sumsel. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here