Home Headline News Bertambah 19, Kasus Positif Covid-19 di Sumsel 982 Orang

Bertambah 19, Kasus Positif Covid-19 di Sumsel 982 Orang

0
Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel, Yusri, dalam keterangan pers secara virtual di Sumsel Command Center.

PALEMBANG, PE – Terus bertambah kasus positif terpapar Virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan. Per Minggu (31/5) terdapat penambahan 19 kasus baru, sehingga total terinfeksi virus tersebut menjadi 982 orang.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel, Yusri, dalam keterangan pers secara virtual di Sumsel Command Center, Minggu (31/5) mengatakan, kasus baru konfirmasi positif Covid-19 terdistribusi di sejumlah daerah, yakni Palembang sebanyak 15 orang, OKU Timur 1 orang, Banyuasin 2 orang, dan Muaraenim 1 orang.

Jumlah sampel yang diperiksa di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang sebanyak 4095 sampel. Dengan rincian, Orang Tanpa Gejala (OTG) 3207 sampel, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 701 sampel, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 187 sampel.

“Jumlah sampel yang positif sebanyak 982, sampel negatif 2016, masih dalam proses pemeriksaan 1097 sampel,” ujarnya.

Kasus konfirmasi sembuh pada hari ini bertambah sembilan orang. Sehingga total sembuh menjadi 203 orang.

“Kasus sembuh hari ini dari Prabumulih 1 orang, Palembang 5 orang, Muaraenim 1 orang, luar Sumsel dua orang,” ucapnya.

Sedangkan kasus meninggal pada hari ini ada tambahan tiga orang, semuanya dari Palembang. Sehingga total yang meninggal 33 orang.

Posisi ODP hingga hari ini sebanyak 6231 orang, selesai pemantauan 4249 orang, masih dalam proses pemantauan 1982 orang.

PDP secara keseluruhan 567 orang, selesai pengawasan 322 orang, masih dirawat di rumah sakit sebanyak 245 orang.

Terkait penerapan kehidupan normal baru (new normal) di Palembang, ia mengatakan, bakal dikaji lebih dalam oleh tim ahli. Tapi bisa saja diterapkan.

“Aktivitas seperti sekolah, bekerja, dan aktivitas lainnya bisa berjalan sebagaimana biasa. Namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Saya rasa tidak masalah, kendati masih ada kasus. Paling penting itu, mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan kehidupan normal,” tuturnya.

Dikatakan dia, new normal akan diterapkan di empat kabupaten di Sumsel, yang kasus positif Covid-19 masih sedikit. Palembang tidak termasuk di dalamnya. Terlebih, kota ini menjadi penyumbang terbanyak kasus Covid-19 di Sumsel. Data hingga Minggu (31/5) kasus corona di Palembang mencapai 563 dari 982 kasus positif di Sumatera Selatan.

Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, sebanyak 102 kabupaten kota telah dapat menjalankan kehidupan kenormalan baru atau new normal, yang akan diterapkan pada 1 Juni mendatang.

Empat di antaranya berada di Sumatera Selatan, yakni Kota Pagar Alam, Penukal Abab Lematang Ilir, Ogan Komering Ulu Selatan, dan Empat Lawang. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here