Home Palembang Hari Pertama Idul Fitri, Beberapa Jalan di Palembang Sepi

Hari Pertama Idul Fitri, Beberapa Jalan di Palembang Sepi

0
Jalanan di Kota Palembang tampak lengang pada Lebaran hari pertama.

PALEMBANG, PE – Kondisi hari pertama Idul Fitri 1441 H di sejumlah ruas jalan di Palembang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Kali ini jalanan di Palembang nampak Lenggang.

Hanya ada beberapa kendaraan baik roda empat maupun roda dua yang melalui jalan di Palembang, seperti di Letjen Harun Sohar hingga KH Wahid Hasyim Palembang.

Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang berdiam diri di rumah, lantaran mengikuti aturan pemerintah terkait dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan beberapa yang lalu.

Tidak hanya itu pemerintah juga telah memberlakukan larangan mudik sejak 24 April lalu yang tidak hanya untuk angkutan darat, udara dan laut saja, tapi juga berlaku untuk angkutan sungai. Sehingga, setiap orang yang akan mudik menggunakan transportasi sungai dilarang.

Direktur Polairud Polda Sumsel, Kombes Pol Yohanes S Widodo mengatakan pelabuhan Tanjung Api-Api sudah tidak melayani penumpang, baik pejalan kaki maupun kendaraan pribadi roda dua dan roda empat sejak 24 April lalu.

“Untuk angkutan orang yang menggunakan speedboat jumlahnya sangat sedikit, itupun hanya melalui dermaga Pasar 16 Ilir Palembang. Anggota kita bersama Sat Polair Polrestabes Palembang sudah standby di Pos Pam Pasar 16 Ilir,” ujarnya, Ahad (24/5).

Sementara itu, AKBP Yusantiyo Sandhy mengatakan, bila anggotanya menemukan pemudik tetap masuk, mereka akan secara tegas diperintahkan untuk kembali ke tempat mereka.

“Kecuali angkutan yang membawa bahan pokok dan BBM itu diperbolehkan masuk. Untuk angkutan penumpang dan umum kita suruh putar balik lagi,” bebernya.

Oleh karena itu pihaknya rutin menggelar pemeriksaan di posko check point. Adapun pos check point disebar di lima titik utama, yaitu Terminal Karya Jaya Palembang, Terminal Kertapati Palembang dan simpang Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Lalu di kawasan Plaju dan Jakabaring Palembang. Check point di lima titik perbatasan di Palembang sudah dilaksanakan sejak 23 April 2020 lalu.

“Kendaraan baik roda dua maupun roda empat, tak bisa langsung melaju ke arah Palembang. Kendaraan anggota kita arahkan melewati akses jalan menuju terminal Karya Jaya dan berputar arah melewati pintu keluar terminal,” katanya.

Saat melewati pintu keluar terminal, para pengendara dan penumpang akan dicek suhu tubuhnya. “Langkah ini kita lakukan, untuk memastikan bahwa setiap warga patuh terhadap protokol pencegahan,” tutupnya. KUR

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here