Home Sumsel Muara Rupit Jalinsum Muratara Sepi dari Arus Mudik dan Arus Balik

Jalinsum Muratara Sepi dari Arus Mudik dan Arus Balik

0
Kondisi Jalinsum, Muratara, yang sepi dari lalulintas kendaraan.

MURATARA, PE- Sejak ada imbauan pemerintah untuk tidak mudik pada libur lebaran tahun ini, terpantau Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) sepi dari arus mudik dan arus balik lebaran. Bahkan hingga H+3 lebaran, Selasa (26/5/20), Jalinsum terpantau lengang dan sepi kendaraan.

Sepinya Jalinsum dari kendaraan diketahui, karena banyaknya masyarakat yang merantau, khususnya dari Kabupaten Muratara, tidak melakukan mudik atau pulau kampung seperti lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Diungkapkan Apri (47), warga Kelurahan Karang Dapo, suasana lebaran tahun ini berbeda dan terasa sepi, karena banyak masyarakat asli Kabupaten Muratara yang merantau tidak mudik sesuai anjuran pemerintah ditengah wabah Virus Corona saat ini.

“Banyak yang tidak mudik karena Corona ini. Disamping memang ada larangan pemerintah, dan jugo tidak ada gunanya juga mudik kalau yang berasal dari luar kota selama 14 hari harus dikarantina. Terus kendaraan pemudik juga kalau dari informasi di media-media, disuruh putar arah,” ungkapnya.

Baiknya dengan tidak mudik, lanjutnya, mereka semua artinya menyayangi keluarga-keluarganya yang ada di desa. Apalagi saat ini daerah seputaran Karang Dapo sering banjir, jadi banyak hal yang jadi pertimbangan dia untuk tak mudik lebaran.

Sementara Rahmad (18), warga Rawas Ilir mengungkapkan, lebaran kali ini sangat berbeda dan tidak seramai lebaran-lebaran tahun sebelumnya. Sejak merebaknya Covid-19 ke Indonesia, membuat para perantau berfikir panjang untuk pulang kampung dan itulah penyebabnya Jalinsum tampak sepi sejak kemarin.

“Paling satu atau dua mobil yang melintas Jalinsum, dan itupun banyak masyarakat lokal. Dampak Corona ini sekarang banyak aktifitas masyarakat dilakukan dari rumah, seperti pekerjaan yang biasa di lakukan sehari-hari, termasuk pekerjaan kantor sekarang dialihkan di rumah. Kita berharap wabah Corona ini cepat berakhir,” harapnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here