Home Headline News Jembatan Tol Sumsel Terpanjang di Indonesia

Jembatan Tol Sumsel Terpanjang di Indonesia

0
Gubernur Sumsel Herman Deru menekan tombol pada proses pengecoran terakhir (closure) Jembatan Ogan, yang berada dalam ruas jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung), Jumat (1/5).

PALEMBANG, PE – PT Waskita Sriwijaya Tol sebagai salah satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) milik PT Waskita Toll Road (WTR) melakukan proses pengecoran terakhir (closure) Jembatan Ogan, yang berada dalam ruas jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung).

Pengecoran terakhir Jembatan Ogan disaksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melalui konfrensi video, Jumat (1/5), yang tersambung langsung ke lokasi pengecoran. Sekaligus sebagai bentuk dukungan penuh terhadap penyelesaian konstruksi dan para pekerja proyek.

“Jembatan Ogan memiliki panjang total sekitar 1,6 kilometer dan menghubungkan seksi satu yang telah beroperasi yakni ruas tol Kapal Betung dengan Jalan Lintas Timur, dan ini merupakan Jembatan Tol yang terpanjang di Indonesia,” kata Direktur WST, Ir Herwidiakto M Tech di sela acara, Jumat (1/5).

Dikatakannya, pengecoran ini dilaksanakan pada Jumat lalu pada pukul 16.00 WIB. Jembatan Ogan ini merupakan titik penghubung yang penting pada ruas tol Kapal Betung, untuk menghubungkan Kota Palembang menuju Betung, dan Jambi.

“Tol Kapal Betung ini diyakini akan memberikan kontribusi mengurai kepadatan lalu lintas yang selama ini terjadi,” terangnya.

Ia menambahkan, proses pembangunan jembatan Ogan Tol Kapal Betung juga hampir 99 persen menggunakan produk-produk lokal.

“Selain ini merupakan jembatan tol terpanjang di Indonesia, pada proses pembangunan jembatan ini produk pembangunannya menggunakan produk-produk lokal,” bebernya.

Menurutnya, pada prosesi pengecoran terakhir ini, WST juga menaati peraturan keselamatan kerja yang berlaku dan protokoler pencegahan Covid-19. Ini sebagai sosialisasi kepada masyarakat, agar tidak melakukan mudik atau piknik pada saat Ramadhan dan Lebaran.

“Sosialisasi ini mendukung aksi Pemerintah untuk #tidakmudik dan #tidakpiknik pada Lebaran 2020 ini sebagai salah satu cara memutus mata rantai Virus Covid-19,” imbuhnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir M Basoeki Hadi Moeljono mengatakan, pihaknya berharap proses pembangunan Jembatan Ogan Tol Kapal Betung menjadi bagian untuk percepatan penuntasan pembangunan jalan tol Kapal Betung.

“Kita targetkan pada Januari 2022 jalan Tol Kapal Betung ini sudah sampai Betung pembangunannya,” imbuhnya.

Dengan keberadaan ruas tol ini, lanjutnya, akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dengan memberikan solusi waktu perjalanan yang jauh lebih singkat sehingga dapat memberikan peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah setempat.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR dan PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) atas komitmen untuk percepatan penyelesaian pembangunan jalan Tol Kapal Betung.

“Terlebih sebagai catatan penting Jembatan Ogan Tol Kapal Betung ini menjadi jembatan tol terpanjang di Indonesia, tentu ini kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumsel khususnya,” tandasnya.

Jalan tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung) memiliki panjang 111 kilometer. Saat ini jalan Tol Kapal Betung yang sudah beroperasi yakni sepanjang 29,5 kilometer. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here