Home Headline News Kasus Baru Covid-19 di Sumsel Melambat

Kasus Baru Covid-19 di Sumsel Melambat

0

PALEMBANG, PE – Penambahan kasus positif terpapar Virus Corona atau Covid-19 di Sumatera Selatan terus melambat. Pada Sabtu (30/5) terdapat tambahan sepuluh kasus positif, sehingga total yang terinfeksi menjadi 963 orang. Lebih menggembirakan, kasus sembuh juga terus bertambah signifikan.

“Penambahan kasus baru pada hari ini di Sumsel berjumlah sepuluh orang. Dengan rincian, Palembang 1 orang, Prabumulih 3 orang, Ogan Ilir 6 orang,” kata Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel, Yusri, dalam keterangan pers secara virtual di Sumsel Command Center, Sabtu (30/5).

Dikatakannya, sampel yang diperiksa di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang hingga hari ini sebanyak 3688 sampel. Dengan rincian, Orang Tanpa Gejala (OTG) 2828 sampel, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 675 sampel, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 185 sampel.

Dari sampel yang telah diperiksa tersebut, sampel positif sebanyak 963, sampel negatif 445, dan masih dalam proses pemeriksaan 2280 sampel.

ODP di Sumsel hingga hari ini sebanyak 6144 orang, selesai pemantauan 4240 orang, masih dalam pemantauan 1904 orang.

PDP total sampai hari ini 554 orang, selesai dilakukan pengawasan 316 orang, masih dalam proses pengawasan atau tengah dirawat di rumah sakit 238 orang.

Lebih menggembirakan, ia mengatakan, kasus sembuh juga bertambah signifikan. Pada hari ini ada penambahan 25 orang yang sembuh dari Covid-19. Rinciannya, Palembang 20 orang, Musi Banyuasin 1 orang, OKI 1 orang, Banyuasin 1 orang, OI 1 orang, dan OKU 1 orang. Sehingga total yang sembuh di Sumsel 194 orang.

“Kasus meninggal pada hari ini satu orang dari Palembang. Sehingga total yang meninggal karena terinfeksi Covid-19 di Sumsel sebanyak 31 orang,” ujarnya.

Ia berharap dengan sedikitnya jumlah kasus positif pada beberapa hari terakhir dan kasus sembuh yang mulai banyak, menjadi pertanda bakal berakhirnya pandemi Covid-19 di Sumsel.

“Mari kita bersatu padu dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Sehat dimulai dari kita. Kalau kita sehat, keluarga, masyarakat, dan negara kita juga akan sehat,” tukasnya.

Pastinya, kata dia, evaluasi terkait perkembangan Covid-19 di Sumsel akan terus dilakukan. Terlebih, masih banyak spesimen atau sampel yang harus diperiksa di laboratorium.

“Mudah-mudahan kalau memang masyarakat disiplin dan kasus terus menurun, Insha Allah kita akan menuju kehidupan normal baru (new normal), sebagaimana yang kita harapkan bersama,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa pedagang di Pasar Kebun Semai Sekip dan Pasar Kebun Bunga, Palembang telah dilakukan rapid test. Mereka yang hasilnya reaktif telah ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab. Tinggal menunggu hasil.

“Hari ini kami baru saja dapat informasi dari BBLK, pemeriksaan spesimen ada di posisi tanggal 22 Mei. Mudah-mudahan untuk tiga hari ke depan, kapasitas pemeriksaan laboratorium kita semakin lebih banyak. Dan spesimen yang tertunda pemeriksaannya sedikit, bahkan tidak ada lagi. Dengan hasil laboratorium yang makin cepat, akan makin lebih baik,” pungkasnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here