Home 1 Day 1 Mosque Sentuhan Jawa di Negeri Gajah Putih

Sentuhan Jawa di Negeri Gajah Putih

0
Masjid Jawa, Bangkok, Thailand
Sulis Bae

Oleh Sulis Bae
(Penulis dan Traveler)

DENGAN lebih dari 200 juta penduduk muslim, kita bisa dengan gampangnya menemukan masjid seperti ini di setiap sudut dan gang di Indonesia. Tapi di Negeri Gajah Putih, Thailand, sebuah negara berpenduduk mayoritas Buddha, hal tersebut bukanlah sesuatu umum. Tersembunyi jauh di dalam gang-gang sempit di Kota Bangkok, inilah Masjid Jawa.

Sesuai namanya, masjid ini memang dibangun oleh seorang imigran asal Pulau Jawa, Indonesia, bernama Haji Muhammad Saleh pada tahun 1906. Masjid ini memiliki sentuhan kuat arsitektural khas Jawa, seperti menggunakan atap berundak dibanding menggunakan kubah yang umumnya dipakai sebuah masjid.

Ketika aku mengunjungi masjid ini untuk Salat Jumat, jemaah disana dengan cepat mengenali bahwa aku dan temanku adalah orang Indonesia dan spontan saja langsung berusaha berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa pasaran.

Menurut mereka, penduduk disekitar masjid adalah anak cucu dan masih keturunan langsung pendiri masjid ini. Dimana mereka masih tetap mempertahankan budaya dan tradisi Jawa, walaupun mereka sekarang warga negara Thailand. ***

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here