Home Sumsel Banyuasin Warga Desa Rantau Bayur Terima BLT Sebesar Rp200 Ribu

Warga Desa Rantau Bayur Terima BLT Sebesar Rp200 Ribu

0

BANYUASIN, PE – Sejumlah warga di Desa Rantau Bayur Kecamatan Rantau Bayur mengaku menerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp200 ribu.

“Saat bantuan dikeluarkan warga diminta tandatangan kesepakatan, terlihat jelas bantuan Rp.600 ribu tapi warga terima uang cash sebesar Rp.200 ribu,” aku Almukni, warga Rantau Bayur.

Dia menjelaskan, bantuan BLT diserahkan oleh hansip desa dengan cara mendatangi satu persatu ke rumah-rumah warga penerima BLT.

Senada diungkapkan warga lain yang biasa dipanggil Cak Roti juga menerima BLT Rp200 ribu.

“Bantuan ini harusnya dilakukan transparan,” cetusnya.

Ketika dikonfirmasi Kepala Desa Rantau Bayur Tanzirin menjelaskan pihaknya membagikan BLT sudah sesuai yang ditentukan sebesar Rp.600 ribu untuk setiap keluarga miskin.

“Setelah dibagikan bantuan itu, lalu warga melakukan kesepakatan bahwa sisa bantuan mereka untuk dibagikan ke sanak keluarga yang bersangkutan. Itu di luar kewenangan kami selaku Pemerintah Desa dan uang yang diterima sebesar itu atas persetujuan yang bersangkutan,” dalihnya.

Terpisah, Kepala DPMD Banyuasin Roni Utama menegaskan bahwa pihaknya telah mengetahui adanya masalah itu. Pihaknya sudah mengingatkan Camat Rantau Bayur agar pihak yang terkait tidak mengurangi dana BLT.

“Uang bantuan itu untuk warga miskin yang ada di dalam data, bagi warga yang belum dapat bantuan didata lagi, kemungkinan menerima bantuan sembako,”katanya.

Usai lebaran nanti, sambung Roni akan ditindaklanjuti masalah ini. “Inspektorat akan turun tangan memeriksa kasus penyalahgunaan kewenangan melanggar aturan yang ditentukan,”pungkasnya.
BUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here