Home Headline News 1304 Orang Positif Corona di Sumsel

1304 Orang Positif Corona di Sumsel

0
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumsel, Yusri, SKM, MKM, saat memberikan siaran pers menggunakan aplikasi Zoom di Command Center Pemprov Sumsel. Foto: Humas Pemprov Sumsel

PALEMBANG, PE – Kasus positif terkonfirmasi Virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan masih terus bertambah. Pada Jumat (12/6) ada penambahan 33 kasus baru, sehingga total yang positif Corona di Sumsel sebanyak 1304 orang.

“Kasus konfirmasi positif Covid-19 pada hari ini sebanyak 33 orang. Dengan rincian, Muaraenim 2 orang, PALI 2 orang, Musi Banyuasin 1 orang, Palembang 25 orang, Ogan Ilir 2 orang, dan Banyuasin 1 orang. Sehingga total kasus positif Covid-19 di Sumsel 1304 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumsel, Yusri, SKM, MKM, dalam siaran pers menggunakan aplikasi Zoom di Command Center Pemprov Sumsel, Jumat (12/6).

Dari total kasus terkonfirmasi positif Corona, kasus yang telah selesai (sembuh dan meninggal) sebanyak 613 orang. Sehingga kasus yang masih dalam proses isolasi dan perawatan 691 orang.

“Total kasus sembuh di Sumsel 563 orang. Penambahan kasus sembuh hari ini 24 orang. Terdiri dari Kota Palembang 3 orang, Ogan Ilir 3 orang, OKU 2 orang, OKI 1 orang, Banyuasin 13 orang, Musi Banyuasin 1 orang, dan Prabumulih 1 orang,” tuturnya.

Kemudian kasus meninggal akibat Covid-19 pada hari ini, ia melanjutkan, sebanyak dua orang dari Palembang. Sehingga total yang meninggal di Sumsel 50 orang.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga hari ini 7343 orang, selesai pemantauan 5472 orang. Masih dalam pemantauan 1871 orang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) total keseluruhan 738 orang, selesai pengawasan 292 orang, proses pengawasan 446 orang.

Dikatakan dia, berdasarkan keterangan dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang, hasil pemeriksaan sudah keluar untuk sampel yang diperiksa di Bulan Mei. Namun kenyataannya, masih ada pasien yang mengaku mengirim sampel di bulan tersebut menanyakan hasil swab. Salah satunya Naura, pasien yang dirawat di RS Pelabuhan.

“Kami telah melakukan kroscek data dengan kabupaten/kota serta BBLK Palembang. Sedang dalam proses. Mudah-mudahan beberapa hari ke depan selesai. Sehingga kita bisa menyampaikan berapa orang yang masih dalam proses pemeriksaan. Berapa orang yang belum dilakukan follow up,” ucapnya.

Namun, berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, rata-rata dari semua orang yang positif ataupun yang kontak dengan kasus positif, telah dilakukan tindak lanjut.

Untuk yang lama keluar hasil swab, ia menyarankan rumah sakit bersangkutan harus aktif. Tanyakan langsung ke BBLK atau tempat sampel diperiksa. Karena dalam mekanisme penyampaian hasil, laboratorium tersebut mengirim ke rumah sakit pengambil sampel. Kemudian ke Dinas Kesehatan Provinsi, dank e Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten.

“Silakan rumah sakit aktif menanyakan itu, terutama ke Dinas Kesehatan Kota. Jangan ke Provinsi. Sebab terlalu besar datanya,” ucapnya.

Waktu tunggu hasil sampel, sebagaimana informasi dari BBLK, ia menyatakan, selama tiga sampai empat hari. Kapasitas pemeriksaan saat ini 700-800 sampel. Sedangkan sampel yang dikirim perhari seribu lebih. Adapun orang-orang yang diambil swab perhari antara 300 hingga 500 orang.

“Kalau sampel tunggu antrean tidak ada lagi di BBLK, saya rasa hasilnya sudah ada dalam dua hari. Hari ini dimasukkan, besok sudah keluar hasil. Karena hasil pemeriksaan itu tujuh jam. Tidak mungkin satu hari. Waktu normal itu dua hari,” pungkasnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here