Home Headline News 5 Kasus Lagi Tembus 1.000 Positif Corona

5 Kasus Lagi Tembus 1.000 Positif Corona

0

PALEMBANG, PE – Kasus positif terpapar Virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan masih terus bertambah kendati mengalami pelambatan. Per Senin (1/6) terdapat penambahan 13 kasus baru, sehingga total terinfeksi virus tersebut sebanyak 995 orang, atau nyaris menyentuh seribu orang.

“Pada hari ini di Sumsel ada penambahan kasus baru positif Covid-19 sebanyak 13 orang. Semuanya berasal dari Palembang,” kata Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel, Yusri, dalam keterangan pers secara virtual di Sumsel Command Center, Senin (1/6).

Kasus konfirmasi sembuh pada hari ini, ia mengatakan, ada penambahan 12 orang. Mereka berasal dari Palembang 1 orang, Lubuklinggau 10 orang, Banyuasin 1 orang. Sehingga total sembuh menjadi sebanyak 215 orang.

“Kasus meninggal akibat Covid-19 pada hari ini nihil. Total meninggal masih 33 orang,” ujarnya.

Orang dalam pemantauan (ODP) hingga hari ini sebanyak 6366 orang, selesai pemantauan 4261 orang, masih dalam proses pemantauan 2105 orang.

Pasien dalam Pengawasan (PDP) jumlah keseluruhan sebanyak 602 orang, selesai pengawasan 251 orang, masih dalam perawatan di rumah sakit yang tersebar di 17 kabupaten dan kota 351 orang.

Sampel yang dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang sampai hari ini totalnya 4139 orang. Terdiri dari Orang Tanpa Gejala (OTG) 3219 orang, PDP 733 orang, dan ODP 187 orang.

Sampel yang dinyatakan positif di Sumsel sampai hari ini sebanyak 995 orang, sampel negatif 457 orang, masih dalam proses pemeriksaan 2687 orang.

Jumlah laboratorium yang melakukan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) di Palembang, dikatakan dia, saat ini ada dua, yakni BBLK dan RS Dr Mohammad Hoesin.

Namun untuk laboratorium tes cepat molekuler (TCM) dengan kapasitas lebih kecil, 8-12 orang perhari, ada tiga. Yakni, RSUD Siti Fatimah Provinsi Sumatera Selatan Palembang, RSUD Siti Aisyah Lubuk Linggau, dan RSUD Dr H. M Rabain. Jadi totalnya ada lima laboratorium di Sumsel yang memeriksa sampel Covid-19.

“Mudah-mudahan, kita terus menambah kapasitas pemeriksaan laboratorium. Semakin cepat hasil lab yang keluar, semakin banyak spesimen (sampel) yang diperiksa, dan semakin sedikit yang positif. Maka kita bisa menilai bahwa penularan virus ini di Sumsel telah terkendali,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sampel yang diperiksa di BBLK sebanyak 500 sampel perhari, atau sekitar 250 sampai 300 orang. Mereka berasal dari beberapa provinsi di Sumbagsel. Tapi 80 persen adalah spesimen dari Sumsel.

Sedangkan laboratorium RSMH Palembang memeriksa sampel sekitar 80 orang perhari. RSUD Siti Fatimah 8 orang, RSUD Siti Aisyah 8-10 orang, dan RS Rabain 8-10 orang.

“Kita juga akan usulkan ke pusat bantuan mobile swab. Tentu itu akan lebih baik. Dengan adanya mobile swab, bisa melakukan pemeriksaan swab secara mobile,” pungkasnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here