Home Headline News Kasus Positif Covid-19 Terus Bertambah

Kasus Positif Covid-19 Terus Bertambah

0
Ilustrasi Covid-19. Foto: Pixabay

PALEMBANG, PE – Kasus konfirmasi positif Virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan terus mengalami penambahan. Pada Kamis (11/6) terdapat penambahan 42 kasus, sehingga total yang terjangkit virus ini di Sumsel menjadi 1.271 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel, Dr Zen Ahmad mengatakan, rincian penambahan kasus positif Corona hari ini, yakni Palembang 21 orang.

Kemudian Lubuklinggau enam orang, Musi Rawas lima orang, Banyuasin enam orang, Ogan Ilir satu orang, dan Muaraenim tiga orang.

Selain penambahan kasus positif, juga ada tambahan kasus sembuh sebanyak 61 orang. Rinciannya, Prabumulih 11 orang, Mura 8 orang, Palembang 25 orang, Musi Banyuasin 1 orang, Banyuasin 1 orang, dan Ogan Ilir 15 orang.

Dengan bertambahnya 61 orang, yang sembuh, maka total sembuh menjadi 539 orang. Sedangkan untuk yang meninggal tidak ada penambahan. Masih tetap 48 orang.

Dari 1271 kasus positif Corona, 587 orang kasusnya sudah selesai. Sebanyak 539 orang sembuh, 48 meninggal. Adapun pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan, baik di rumah sakit maupun diisolasi mandiri di berbagai tempat sebanyak 684 orang.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 7268 orang. Selesai pemantauan 5180 orang. Sehingga masih dalam pemantauan 2088 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlah keseluruhan 729 orang. Selesai pengawasan 402 orang, masih dalam proses pengawasan 320 orang.

Dengan tingginya jumlah pasien sembuh, menurut dia, berarti pengobatan selama ini sudah berada di jalurnya.

“Perbaikan kapasitas pemeriksaan laboratorium PCR. Seperti diketahui sudah ada penambahan fasilitas laboratorium untuk PCR, yakni RSMH. Hari ini diperiksa, hasil swabnya besok sudah ada. Sehingga keputusan untuk menentukan pasien sembuh atau tidak bisa lebih cepat,” tukasnya.

Dikatakannya, sebagai informasi, untuk pemeriksaan laboratorium di BBLK Palembang waktu tunggunya menjadi lebih cepat. Tadinya lebih satu minggu, saat ini bisa empat sampai lima hari sudah ada hasil swab. Penumpukan sampel yang diperiksa mulai berkurang.

“Dari kecepatan pemeriksaan sampel yang tadinya hasil keluar satu minggu atau lebih saat ini bisa empat hari. Artinya penumpukan sampel sudah berkurang,” ucapnya.

Menurut dia, kasus positif Covid-19 di Sumsel cenderung mendatar dalam beberapa hari terakhir. Tapi belum menurun.
“Mudah-mudahan kalau tren ini bagus, artinya kita sudah melewati puncak. Sekarang tinggal menuju arah ke bawah. Kita berdoa jangan sampai pandemi berubah jadi gelombang kedua,” harapnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here